Keterampilan Berpikir kritis (KBKr) siswa melalui model Problem Based Learning berbantu video pada materi sistem imun

Kurniasih, Pratiwi Devi (2024) Keterampilan Berpikir kritis (KBKr) siswa melalui model Problem Based Learning berbantu video pada materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil PISA keterampilan berpikir kritis siswa Indonesia menduduki peringkat ke-7 dari bawah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning berbantu video pada materi sistem imun. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan Sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai N-gain sebesar 0,68 menunjukan kategori sedang. Pada kelas kontrol rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,43 menunjukan kategori sedang. Adapun hasil uji hipotesis menunjukan menggunakan nilai (sig.2-tailed 0,000) < ttabel 0,05 maka H1 Diterima dan H0 Ditolak. Adapun nilai indikator berpikir kritis yang memiliki pencapaian tertinggi terdapat pada eksplanasi sebesar 0,86. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model problem based learning berbantu video pada materi sistem imun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Problem Based Learning; Sistem Imun
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Pratiwi Devi Kurniasih
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:07
Last Modified: 10 Sep 2024 04:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97557

Actions (login required)

View Item View Item