Meilani, Shinta (2024) Penerapan strategi The Firing Line untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (579kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa yang masih perlu ditingkatkan merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk membantu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa menggunakan strategi The Firing Line. Penelitian ini dilaksanakan di SMPT Ar-Risalah Ciamis dengan metode kuasi eksperimen menggunakan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel yang duginakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII-1 dan VII-2 yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa dan dipilih melalui teknik simple random sampling dari populasi kelas VII yang berjumlah empat kelas. Hasil dari penelitian ini di antaranya: 1) Kemampuan pemahaman matematis pada kelas eksperimen yang menerapkan strategi The Firing Line menunjukkan peningkatan yang signifikan dari pretest. Skor tertinggi posttest mendekati skor maksimal, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mengalami peningkatan kemampuan mereka setelah mengikuti model pembelajaran ini. 2) Peningkatan pemahaman matematis siswa yang menggunakan strategi The Firing Line lebih baik dari siswa yang menggunakan strategi konvensional. 3) Persentase minat belajar siswa memperoleh kategori sangat tinggi. Kategori tersebut artinya merepresentasikan bahwa pada penelitian yang telah dilakukan ternyata minat belajar siswa yang menggunakan strategi The Firing Line lebih baik dari siswa yang menggunakan strategi konvensional. Kategori tersebut artinya merepresentasikan bahwa pada penelitian yang telah dilakukan ternyata terdapat peningkatan sikap minat belajar siswa menggunakan strategi The Firing Line dengan derajat peningkatan “sangat tinggi”. Dengan demikian pembelajaran The Firing Line menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dan minat belajar siswa. Kata Kunci: Strategi The Firing Line, Kemampuan Pemahaman Matematis, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi The Firing Line; Kemampuan Pemahaman Matematis; Minat Belajar Siswa |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nn Shinta Meilani |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:37 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97577 |
Actions (login required)
View Item |