Penerapan strategi The Firing Line untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa

Meilani, Shinta (2024) Penerapan strategi The Firing Line untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa yang masih perlu ditingkatkan merupakan hal yang melatarbelakangi penelitian ini. Dengan demikian, tujuan penelitian ini untuk membantu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar siswa menggunakan strategi The Firing Line. Penelitian ini dilaksanakan di SMPT Ar-Risalah Ciamis dengan metode kuasi eksperimen menggunakan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel yang duginakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII-1 dan VII-2 yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa dan dipilih melalui teknik simple random sampling dari populasi kelas VII yang berjumlah empat kelas. Hasil dari penelitian ini di antaranya: 1) Kemampuan pemahaman matematis pada kelas eksperimen yang menerapkan strategi The Firing Line menunjukkan peningkatan yang signifikan dari pretest. Skor tertinggi posttest mendekati skor maksimal, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mengalami peningkatan kemampuan mereka setelah mengikuti model pembelajaran ini. 2) Peningkatan pemahaman matematis siswa yang menggunakan strategi The Firing Line lebih baik dari siswa yang menggunakan strategi konvensional. 3) Persentase minat belajar siswa memperoleh kategori sangat tinggi. Kategori tersebut artinya merepresentasikan bahwa pada penelitian yang telah dilakukan ternyata minat belajar siswa yang menggunakan strategi The Firing Line lebih baik dari siswa yang menggunakan strategi konvensional. Kategori tersebut artinya merepresentasikan bahwa pada penelitian yang telah dilakukan ternyata terdapat peningkatan sikap minat belajar siswa menggunakan strategi The Firing Line dengan derajat peningkatan “sangat tinggi”. Dengan demikian pembelajaran The Firing Line menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dan minat belajar siswa. Kata Kunci: Strategi The Firing Line, Kemampuan Pemahaman Matematis, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi The Firing Line; Kemampuan Pemahaman Matematis; Minat Belajar Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nn Shinta Meilani
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:37
Last Modified: 10 Sep 2024 06:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97577

Actions (login required)

View Item View Item