Salsabila, Adrinda (2024) Penerapan model Project Based Learning (PjBL) melalui strategi penilaian autentik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi sumber energi alternatif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai peserta didik pada abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model project based learning (PjBL) melalui strategi penilaian autentik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Non-equivalent control group. Perangkat penelitian berupa modul ajar dan instrumen soal dengan indikator keterampilan berpikir kreatif berupa soal pilihan ganda. Penelitian dilakukan disalah satu SMA Negeri dikota Bandung. Sampel penelitian terdiri atas 34 peserta didik pada masing-masing baik kelas eksperimen dan siswa di kelas kontrol melalui teknik purposive sampling. Efektivitas keterlaksanaan aktivitas peserta didik dan guru mencapai kriteria sangat efektif yaitu sebesar 91% untuk kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol keterlaksanaan pembelajarannya efektif yaitu sebesar 80%. Peningkatan kemampuan keterampilan berpikir pada masing-masing kelas yang diuji menggunakan uji wilcoxon. Kedua kelas tersebut menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan hasil uji hipotesis sebesar 0,000 < 0,050. Sedangkan, untuk uji beda pada kedua kelas menggunakan uji Mann-Withney dengan hasil uji hipotesisnya 0,111 > 0,050. Hasil tersebut menunjukkan tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Selain itu, nilai n-gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,50. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai n-gain sebesar 0,46 dengan kriteria keduanya yaitu sedang. Dapat disimpulkan bahwa kedua model PjBL dan PBL sama-sama bagus diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi sumber energi alternatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berpikir kreatif; model PjBL; sumber energi alternatif |
Subjects: | Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Adrinda Salsabila |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 00:37 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 00:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97618 |
Actions (login required)
View Item |