Rahmasari, Widi Nastia Ratu (2024) Manajemen pelayanan dana haji pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (700kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam pelayanan dana haji melibatkan berbagai aspek untuk memastikan pengelolaan dana haji berjalan lancar dan efektif salah satunya berkordiansi dengan lembaga terkait seperti Kementerian Agama, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), bank penyimpanan dana haji dan penyelenggara perjalanan haji (BPS BPIH).Pelayanan menjadi komponen utama karena produk-produk utama bank yaitu kredit merupakan suatu penawaran yang tidak berbeda dan pelayanan bank yang mudah ditiru. Oleh karena itu persaingan akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan bank dalam memberikan pelayanan terbaik dibandingkan pesaingnya. Pada Perencanaan pelayanan terhadap dana haji juga merupakan suatu proses yang sangat penting dalam pengelolaan dana yang dikumpulkan dari jamaah haji untuk keperluan pelaksanaan ibadah haji. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan peneliti ini untuk menyediakan layanan yang berkualitas tinggi dan memuaskan bagi calon jemaah haji mulai dari proses pendaftaran hingga pelaksanaan haji dan produk pembiayaan haji yang sesuai dengan kebutuhan nasabah yang dikelola dengan prinsip syariah seperti tabungan haji dengan regulasi perbankan syariah dan ketentuan hukum yang berlaku. Teori yang digunakan pada penelitian yaitu teori Menurut Ratminto & Winarsih (2006:hlm 4) manajemen pelayanan merupakan suatu moses penerapan ilmu dan seni untuk menyusun rencana, mengimplementasikan rencana, mengoordinasikan dan menyelesaikan aktivitas- aktivitas pelayanan demi tercapainya tujuan-tujuan pelayanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metose peneitian kualitatif paradigma yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu paradigma konstruktivisme dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu bank pemerima setoran biaya penyelenggaraan ibadah haji hanya melayani calon jemaah haji yang ingin mendaftar tabungan haji untuk mendapatkan nomor porsi untuk cara mengelola dana haji itu BPKH yang lebih tahu. Sudah beberapa tahun bank muamalat sudah tidak menerima jikacalon jemaah haji memanfaatkan dana talang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan; Dana Haji; Produk Bank |
Subjects: | Financial Economics, Finance > Banking Services Office Services |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Widi Nastia |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:42 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97685 |
Actions (login required)
View Item |