Hubungan supervisi akademik kepala madrasah dengan kompetensi profesional guru dalam menyusun program pembelajaran: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Cirebon

Azizah, Nurul (2024) Hubungan supervisi akademik kepala madrasah dengan kompetensi profesional guru dalam menyusun program pembelajaran: Penelitian di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada pelaksanaan proses pembelajaran di kelas oleh guru, tentu tidak selamanya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tentu ada saja celah kekurangan yang ditemukan selama keberlangsungannya. Maka, sebagai upaya memperbaiki kekurangan tersebut dibutuhkanlah pelaksanaan supervisi kepala madrasah. Untuk mencapai standar pendidikan yang tinggi, diperlukan guru yang profesional dan efektif. Untuk meningkatkan profesionalisme guru, kegiatan pengawasan dilakukan untuk mengevaluasi kinerja guru dan membantu pendidik mengembangkan profesionalismenya. Pasca supervisi sebaiknya diadakan pertemuan khusus dengan guru baru yang disupervisi untuk mengkomunikasikan temuan dan memberikan tindak lanjut guna meningkatkan kualitas dan kinerja profesional guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana supervisi akademik yang dilakukan kepala madrasah, mengetahui bentuk kompetensi profesional guru dalam menyusun program pembelajaran di Madrasah Aliyah di bawah naungan Yayasan Al-Hikmah Cirebon, serta mengetahui apakah terdapat hubungan antara supervisi akademik kepala madrasah dengan kompetensi profesional guru dalam menyusun program pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan survey angket (kuesioner) menggunakan pengukuran data skala likert. Analisis data dilakukan dengan pengujian instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, dan uji determinasi. Responden penelitian ini adalah guru yang mengajar di Madrasah Aliyah di bawah naungan Yayasan Al-Hikmah Cirebon (MA Al-Hikmah Putri dan MA Al-Hikmah Putra), sebanyak 30 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian dengan pengujian statistik, didapatkan hasil berupa ditemukan adanya hubungan antara supervisi akademik kepala madrasah dengan kompetensi profesional guru dalam menyusun program pembelajaran di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Cirebon. Berdasarkan hasil analisis uji parsial, didapatkan nilai 3,98 dari variabel X (supervisi akademik kepala madrasah). Apabila diinterpretasikan, nilai tersebut termasuk kategori Tinggi dalam variabel ini. Selanjutnya hasil analisis data variabel Y (kompetensi profesional guru dalam menyusun program pembelajaran) dengan analisis uji parsial didapatkan nilai 4,20 dari variabel ini. Apabila diinterpretasikan, dengan nilai tersebut maka variabel ini termasuk ke dalam kategori Sangat tinggi. Kemudian dilakukan uji determinasi untuk mengetahui seberapa besar hubungan yang ada pada kedua variabel. Hasilnya adalah memiliki nilai determinasi sejumlah 0,495 atau 49%. Maka 51% lainnya adalah faktor lain yang memiliki hubungan dengan variabel terikat, yaitu kompetensi profesional guru dalam menyusun program pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Supervisi; Kompetensi Profesional; Menyusun Program Pembelajaran
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurul Azizah
Date Deposited: 11 Sep 2024 06:52
Last Modified: 11 Sep 2024 06:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97754

Actions (login required)

View Item View Item