Mirandewi, Nisrina (2024) Bimbingan Coping Stress dalam menanggulangi prokrastinasi akademik siswa Kelas XI: Penelitian di SMK Muhammadiyah Majalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (413kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena prokrastinasi akademik yang menyebabkan munculnya perasaan cemas, khawatir, dan stres dikalangan siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Majalaya. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti terkait kondisi serta faktor penyebab siswa melakukan prokrastinasi akademik serta bagaimana upaya sekolah dalam membantu siswa mengatasi stres akibat prokrastinasi akademik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kondisi prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Majalaya; 2) Untuk mengetahui bimbingan coping stress dalam menanggulangi prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Majalaya; 3) Untuk mengetahui hasil bimbingan coping stress dalam menanggulangi prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Majalaya. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai bimbingan coping stress dalam menanggulangi prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Majalaya. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teori yang menjadi rujukan dalam penelitian ini adalah teori bimbingan, teori strategi coping stress, dan teori prokrastinasi akademik. Digunakannya teori-teori tersebut karena dianggap relevan dengan penelitian ini. Dimana teori bimbingan memberikan kerangka tentang bagaimana proses bimbingan dapat membantu mengatasi masalah prokrastinasi akademik, teori strategi coping stress menjelaskan berbagai cara yang digunakan siswa untuk mengatasi stres karena prokrastinasi akademik, dan teori prokrastinasi akademik memberikan pemahaman mendalam tentang penyebab, ciri-ciri, dan dampak dari perilaku menunda-nunda. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan coping stress terbukti efektif dalam menanggulangi prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Majalaya. Hal tersebut dibuktikan dengan perubahan positif pada diri siswa, seperti: meningkatnya kedisiplinan, memiliki manajemen waktu yang baik, nilai akademik yang berangsur membaik, meninggalkan kebiasaan menunda mengerjakan tugas, dan kemajuan yang signifikan dalam pemahaman materi dan hasil ujian. Perubahan positif ini menunjukan bahwa siswa telah mampu meregulasi diri dan mempraktikan strategi coping yang diberikan oleh guru BK.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan; Coping Stress; Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Stress Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Nisrina Mirandewi |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 02:48 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 02:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97834 |
Actions (login required)
View Item |