Ramadhania, Dina Kurnia (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran Preprospec berbantuan mentimeter terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_asbtrak.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (817kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (894kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran Preprospec berbantuan Mentimeter terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Permasalahan yang diidentifikasi adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari intrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen tes telah melewati uji validitas dengan tingkat validitas tinggi, reabilitas dan daya beda yang baik, serta tingkat kesukaran yang beragam. Adapun hasil penelitian diperoleh bahwa, (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran Preprospec berbantuan Mentimeter lebih baik daripada siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (2) Tingkat self-efficacy siswa setelah penerapan pembelajaran matematika dengan model Preprospec berbantuan Mentimeter umumnya berada pada tingkat yang sedang. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran Preprospec berbantuan Mentimeter dapat digunakan sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika serta membantu siswa dalam mengembangkan self-efficacy saat menyelesaikan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Mentimeter; Preprospec; Self-Efficacy |
Subjects: | Education, Research Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dina Kurnia Ramadhania |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 01:33 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 01:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97844 |
Actions (login required)
View Item |