Pengembangan media pembelajaran game edukasi Math Adventure (GEMA) berbasis android menggunakan Powerpoint Add-Ins iSpring dan APK Builder

Widiastuti, Firni (2024) Pengembangan media pembelajaran game edukasi Math Adventure (GEMA) berbasis android menggunakan Powerpoint Add-Ins iSpring dan APK Builder. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi fungsi komposisi, sering kali membuat peserta didik mengalami kesulitan. Metode pengajaran yang monoton dan penggunaan media pembelajaran yang terbatas menyebabkan peserta didik merasa bosan dan kehilangan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi berbasis android, bernama GEMA (Game Edukasi Math Adventure), yang menggunakan Powerpoint add-ins iSpring dan APK Builder. Melalui penelitian ini, diharapkan media pembelajaran GEMA dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap konsep fungsi komposisi dengan cara yang interaktif dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dan teknik analisis data meliputi kevalidan, kepraktisan, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran GEMA berbasis android memperoleh validasi dengan rata-rata total persentase 90%, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dari segi praktikalitas, media ini memperoleh rata-rata total persentase 80,5%, yang termasuk dalam kategori praktis. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran ini mencapai rata-rata total persentase 81,5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran GEMA berbasis android tidak hanya valid dan praktis, tetapi juga mendapat respon positif dari peserta didik. Dengan demikian, media pembelajaran GEMA layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi fungsi komposisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Android; Game Edukasi; Media Pembelajaran
Subjects: Education
Mathematics
Game of Chance > Games with Numbers
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Firni Widiastuti
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:48
Last Modified: 11 Sep 2024 03:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97849

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item