Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja tenaga pendidik: Penelitian pada Madrasah Aliyah Assalam Peundeuy Garut

Bunyamin, Salman Azmi Pauzi (2024) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja tenaga pendidik: Penelitian pada Madrasah Aliyah Assalam Peundeuy Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja tenaga pendidik adalah seorang pemimpin. Pemimpin memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik sebagai sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasi. Karena tanpa adanya kepemimpinan, hubungan antara tujuan pribadi dan tujuan organisasi akan menjadi lemah. Kemajuan dan mutu pendidikan islam di madrasah sangat di tentukan oleh kinerja pendidik, pendidik sangat menentukan ke berhasilan pendidikan di suatu negara, namun kepemimpinan juga menjadi sangat sentral selaku pemegang lentera yang dapat mengarahkan kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kepemimpinan Transformasional di MA Assalam Peundeuy Garut, (2) kinerja Tenaga Pendidik di MA Assalam Peundeuy Garut, dan (3) pengaruh kepemimpinan Transformasional terhadap kinerja Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Assalam Peundeuy Garut. Metode penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuisioner dengan jumlah responden 31 orang. Analisis datanya, yaitu: (1) analisis statistik deskriptif, (2) uji instrumen, (3) uji asumsi klasik. dan (4) uji hipotesis. Berdasarkan hasil pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) kepemimpinan Transformasional yang diukur berdasarkan empat indikator terbukti pada kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai rata-rata 4,40; (2) Kinerja Tenaga Pendidik, yang dinilai melalui tiga indikator berada pada kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai rata-rata 4,35. Hasil analisis juga mengungkapkan bahwa adanya pengaruh antara kepemimpinan Transformasional dan kinerja Tenaga Pendidik di MA Assalam Peundeuy Garut, sebesar 33,8%. Adapun implikasi dari temuan ini menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional yang tinggi dapat meningkatkan kinerja Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Assalam Peundeuy Garut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; kinejra; Tenaga Pendidik;
Subjects: Education
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Salman Azmi Fauzi
Date Deposited: 11 Sep 2024 05:55
Last Modified: 11 Sep 2024 05:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97917

Actions (login required)

View Item View Item