Sakinah, Syifa Sari (2024) Pengaruh Strategi Branding iMage dalam pemasaran pendidikan terhadap peningkatan daya saing madrasah: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_ COVER.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_ DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_ BAB I.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_ BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
||
Text (BAB III)
6_ BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (BAB IV)
7_ BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
||
Text (BAB V)
8_ BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_ DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
Abstract
Persaingan antar lembaga pendidikan semakin kompetitif dan semakin ketat. Hal ini menjadi dorongan positif bagi sekolah dalam meningkatkan mutu penididikan. Salah satu elemen yang sangat berpengaruh dalam peningkatan daya saing sekolah adalah merek atau citra sekolah. Seiring persaingan yang ingin lebih unggul antar lembaga pendidikan pemasaran pendidikan bagi lembaga yang berbasis islam dan memiliki brand image yang baik di masyarakat, maka besar kemungkinan akan lebih mudah dalam mengatasi persaingan. Semakin kuat dengan keunikan tersebut dapat membuat sebuah lembaga semakin terpacu untuk menjadi lebih baik, baik itu dari segi kualitas pelayanan sekolah, kinerja staff, prestasi, mutu pembelajaran dan seluruh bidang yang lainnya, guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dibidang pendidikan agar lebih maju dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Untuk mengetahui strategi branding image di MAN 2 Kota Bandung; 2) Untuk mengetahui pemasaran pendidikan di MAN 2 Kota Bandung; 3) Untuk mengetahui daya saing madrasah di MAN 2 Kota Bandung; 4) Untuk mengetahui pengaruh strategi branding image dalam pemasaran Pendidikan terhadap daya saing madrasah di MAN 2 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket melalui oengukuran model skala likert yang terdiri dari empat jawaban pilihan kepada 48 responden. Teknik analisis data menggunakan uji instrument (validitas dan realibitas), analisis statistik deskriptif (analisis parsial indicator dan interpretasi hasil), analisis asumsi (uji normalitas data dan linearitas). Uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji T dan uji koefisien determinasi). Berdasarkan hasil analisis statistik menunjukkan bahwa 1) Strategi branding image di MAN 2 Kota Bandung memperoleh nilai rata-rata 3,06. Termasuk dalam kategori cukup karena terdapat pada rentang nilai 2,60 – 3,39. Pemasaran pendidikan di MAN 2 Kota Bandung memperoleh nilai rata-rata 3,06. Variable ini berada pada rentang nilai 2,60 – 3,39 maka dikategorikan sebagai cukup. Daya saing di MAN 2 Kota Bandung memperoleh nilai rata-rata 4,32. Nilai tersebut termasuk kategori sangat tinggi. Vairabel ini berada pada rentang 4,20 – 5,00. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi branding image dalam pemasaran Pendidikan terhadap peningkatan daya saing madrasah di MAN 2 Kota Bandung Dengan nilai signifikansi untuk X1 dan X2 terhadap Y (0,00 < 0,05) dan nilai thitung 804,409 > ttabel 1,025, sehingga (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dan mendapat R Square sebesar 0,381 artinya variable X1 dan X2 secara simultan terhadap variable Y sebesar 38% sisanya 62% dijelaskan oleh variable lain tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: Strategi Branding Image, Pemasaran Pendidikan, Daya Saing
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Branding Image; Pemasaran Pendidikan; Daya Saing |
Subjects: | General Management General Management > Education, Research of Management General Management > Education an, of Marketing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Syifa Sari Sakinah |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 02:20 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 02:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97946 |
Actions (login required)
View Item |