Efektivitas rancangan fotobioreaktor portabel berbentuk tabung berbasis mikroalga Chlorella vulgaris untuk penangkapan CO2 dalam ruangan

Hakim, Ashab Abdul (2024) Efektivitas rancangan fotobioreaktor portabel berbentuk tabung berbasis mikroalga Chlorella vulgaris untuk penangkapan CO2 dalam ruangan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Karbondioksida (CO2) merupakan salah satu emisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jika terakumulasi dalam ruangan dan terhirup oleh manusia. Aktifitas manusia lebih banyak dilakukan dalam ruangan yang memungkinkan terpapar gas emisi CO2. Oleh karena itu, pencarian solusi untuk mengurangi CO2 di dalam ruangan menjadi penting. Salah satu upaya untuk mengurangi CO2 yaitu dengan menempatkan mikroalga sebagai agen penangkap CO2 dalam fotobioreaktor sebagai Carbon Capture and Storage. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan fotobioreaktor berbasis mikrolga Chlorella vulgaris, mengukur kepadatan sel mikroalga serta mengukur daya penangkapan kadar CO2 melalui Kadar CO2 terlarut pada fotobioreaktor dalam ruangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fotobioreaktor dengan bentuk tabung berbasis mikroalga Chlorella vulgaris dapat menjadi solusi penangkapan gas CO2 dalam ruangan. Kepadatan sel mikroalga dalam fotobioreaktor yang paling banyak yaitu mencapai 51,540x106 sel/mL, yang mengindikasikan terjadinya fotosintesis. Selain itu juga penangkapan CO2 dalam ruangan ditinjau dari kadar CO2 terlarut yang tinggi pada hari ke-5 sebesar 33,44 mg/L yang mengindikasikan terjadinya penangkapan CO2 dalam ruangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Chlorella vulgaris ; culture; microalgae; photobioreactor; photosynthesis.
Subjects: Biochemistry > Miscellaneous Biochemicals
Ecology > Environmental Chemistry
Engineering > Specific Kinds of Terrestrial Environtment
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Ashab Ashab Hakim
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:44
Last Modified: 11 Sep 2024 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98013

Actions (login required)

View Item View Item