Anggraeni, Elsa (2023) Kampanye Public Relations Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya melalui radio untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan Vaksinasi Covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text (BBA II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya merupakan instansi pemerintah di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi semua kegiatan kesehatan di wilayah tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui proses kampanye Public Relations yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya dengan mengidentifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan dan juga evaluasi. Model kampanye yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model kampanye dari Leon Ostergaard dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kampanye Public Relations melalui radio untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan vaksinasi melaui 4 tahapan. 1) Identifikasi masalah Dinas Kesehatan melalui media radio dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi terindetifikasimasalah yang terjadi dalam kampanye PR tersebut melalui radio, yaitu efektivitas pesan, target audiens, konteks komunikasi, dan biaya. 2) Perencanaan kampanye dilakukan dengan rancangan program, sasaran program, alokasi waktu, dan pembiayaan kampanye. 3) Pelaksanaan kampanye dilakukan dengan beberapa tahapan. Persiapan awal meliputi koordinasi antara Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya dengan Radio Purbasora terkait tema kampanye, jadwal siaran, dan penentuan target audiens, tahapan kedua materi kampanye, tahapan ketiga siaran kampanye, tahapan terakhir yaitu evaluasi untuk mengetahui efektivitasnya. 4) Evaluasi kampanye dilakukan dengan melihat respon masyarakat terkait kampanye yang dilakukan mengenai vaksinasi dengan melihat jumlah pengguna dan hasil dari vaksinasi. ENGLISH: The Tasikmalaya District Health Service is a government agency in Tasikmalaya Regency, West Java, Indonesia which is responsible for organizing and supervising all health activities in the region. This research aims to understand the Public Relations campaign process carried out by the Tasikmalaya District Health Service by identifying problems, planning, implementation and evaluation. The campaign model used in this research uses Leon Ostergaard's campaign model using qualitative descriptive methods and data collection techniques through observation, in-depth interviews and documentation. The results of this research state that the Public Relations campaign via radio is to increase public awareness in implementing vaccination through 4 stages. 1) Identification of problems for the Health Service through radio media in increasing public awareness to carry out vaccinations. Problems identified in the PR campaign through radio were identified, namely message effectiveness, target audience, communication context, and costs. 2) Campaign planning is carried out with program design, program targets, time allocation and campaign financing. 3) The campaign is implemented in several stages. Initial preparations include coordination between the Tasikmalaya District Health Service and Radio Purbasora regarding the campaign theme, broadcast schedule and determining the target audience, the second stage is campaign materials, the third stage is campaign broadcasts, the final stage is evaluation to determine its effectiveness. 4) Campaign evaluation is carried out by looking at the public's response regarding the campaign carried out regarding vaccination by looking at the number of users and the results of vaccination.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye Public Relations; Radio; Vaksinasi Covid-19 |
Subjects: | Communications Telemunications > Radio Broadcasting Public Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Elsa Anggraeni |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:14 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98188 |
Actions (login required)
View Item |