Hanifah, Tasya Nur (2024) Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui metode praktikum Higher Order Thinking Laboratory pada materi Hukum Newton. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
COVER BARU.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abs.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daf isi.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode praktikum HOT-Lab dan metode praktikum cookbook laboratory sebagai pembanding serta mengukur peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Data dikumpulkan melalui lembar keterlaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh observer, serta pretest dan posttest keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Pembelajaran dilaksanakan di kelas X B SMA IT Ummul Quro Tasikmalaya untuk pembelajaran dengan metode HOT-Lab dan X A SMA IT Ummul Quro untuk pembelajaran dengan metode Cookbook laboratory selama lima pertemuan, yang melibatkan kegiatan pretest, pembelajaran dengan metode praktikum HOT-Lab dan Cookbook lab, serta posttest. Analisis N-gain pada pretest dan posttest menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui metode praktikum HOT-Lab dibanding kelas dengan menggunakan metode praktikum cookbook lab. Penelitian ini memberikan hasil bahwa metode praktikum HOT-Lab efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktikum; HOT-Lab; Keterampilan Berpikir Kreatif |
Subjects: | Education Physics Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Tasya Nur Hanifah |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:19 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98329 |
Actions (login required)
View Item |