Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui metode praktikum Higher Order Thinking Laboratory pada materi Hukum Newton

Hanifah, Tasya Nur (2024) Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui metode praktikum Higher Order Thinking Laboratory pada materi Hukum Newton. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER BARU.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abs.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daf isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode praktikum HOT-Lab dan metode praktikum cookbook laboratory sebagai pembanding serta mengukur peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Data dikumpulkan melalui lembar keterlaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh observer, serta pretest dan posttest keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Pembelajaran dilaksanakan di kelas X B SMA IT Ummul Quro Tasikmalaya untuk pembelajaran dengan metode HOT-Lab dan X A SMA IT Ummul Quro untuk pembelajaran dengan metode Cookbook laboratory selama lima pertemuan, yang melibatkan kegiatan pretest, pembelajaran dengan metode praktikum HOT-Lab dan Cookbook lab, serta posttest. Analisis N-gain pada pretest dan posttest menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif yang lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui metode praktikum HOT-Lab dibanding kelas dengan menggunakan metode praktikum cookbook lab. Penelitian ini memberikan hasil bahwa metode praktikum HOT-Lab efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Praktikum; HOT-Lab; Keterampilan Berpikir Kreatif
Subjects: Education
Physics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Tasya Nur Hanifah
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:19
Last Modified: 13 Sep 2024 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98329

Actions (login required)

View Item View Item