Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sumber energi

Arsyi Dewi, Nur (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sumber energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1172070059_Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1172070059_Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
1172070059_Daftar isi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB.I)
1172070059_BAB.I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB.II)
1172070059_BAB.II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB.III)
1172070059_BAB.III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB.IV)
1172070059_BAB.IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB.V)
1172070059_BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1172070059_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video animasi Powtoon untuk peningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sumber energi. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA dengan ssatu sampel kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, lembar observasi respon peserta didik dalam penggunaan video animasi Powtton, dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis menggunakan persentase lembar validasi, n-gain dan uji t-independent sample test. Hasil penelitian memperoleh 1) media pembelajaran berbasis video animasi powtoon sangat layak dengan persentase 85,55%. 2) Keterlaksanaanpembelajaran selama tiga pertemuan di kelas eksperimen 87,7% interpretasi sangat efektif 88,4% pada guru, dan interpretasi sangat efektif 81,2% pada peserta didik. 3) Peningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata n-gain 0,67 kategori sedang. Hasil uji t-independent sample test memperoleh thitung > ttabel yaitu 13,67 > 1,688. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang sama menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Powtoon; Berpikir Kritis; Sumber Energi; Video Animasi
Subjects: Education
Natural Science
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Arsyi Dewi
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:16
Last Modified: 13 Sep 2024 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98353

Actions (login required)

View Item View Item