Arsyi Dewi, Nur (2024) Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sumber energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1172070059_Cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
1172070059_Abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
1172070059_Daftar isi.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (BAB.I)
1172070059_BAB.I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text (BAB.II)
1172070059_BAB.II.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) | Request a copy |
||
Text (BAB.III)
1172070059_BAB.III.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
||
Text (BAB.IV)
1172070059_BAB.IV.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) | Request a copy |
||
Text (BAB.V)
1172070059_BAB.V.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1172070059_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media pembelajaran video animasi Powtoon untuk peningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sumber energi. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA dengan ssatu sampel kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, lembar observasi respon peserta didik dalam penggunaan video animasi Powtton, dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis menggunakan persentase lembar validasi, n-gain dan uji t-independent sample test. Hasil penelitian memperoleh 1) media pembelajaran berbasis video animasi powtoon sangat layak dengan persentase 85,55%. 2) Keterlaksanaanpembelajaran selama tiga pertemuan di kelas eksperimen 87,7% interpretasi sangat efektif 88,4% pada guru, dan interpretasi sangat efektif 81,2% pada peserta didik. 3) Peningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata n-gain 0,67 kategori sedang. Hasil uji t-independent sample test memperoleh thitung > ttabel yaitu 13,67 > 1,688. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang sama menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Powtoon; Berpikir Kritis; Sumber Energi; Video Animasi |
Subjects: | Education Natural Science Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Arsyi Dewi |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:16 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98353 |
Actions (login required)
View Item |