Amdarsyah, Dhiyaulhaq Alfiyah Eka (2024) Pengaruh Hypnoteaching terhadap pengetahuan santri menghindari Bullying di SMP plus Al - Aqsha Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (855kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
Abstract
Perilaku bullying merupakan hal yang dapat terjadi pada siapapun, dimana dan kapan pun sekaligus terdapat di dunia pesantren. bulllying yang dilakukan akan terjadi suatu dampak yang membuat merasa bahwa dirinya mulai terasingkan dari kelompok serta teman sosial. Jika sudah terjadi maka akan muncul rasa trauma yang berkepanjangan terlebih lagi jika cara penangannnnya tiidak ditemui segera dengan tepat dan cepat. Tujuan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hypnoteaching terhadap pengetahuan santri menghindari bullying. Penelitian dilakukan untuk memberikan informasi terhadap santri agar mampu menghindari bullying dengan pendekatan hypnoteaching. Penelitian didasari pada teori metode hypnoteaching yang merupakan metode pembelajaran dengan menyampaikan materi menggunakan kalimat – kalimat positif yang masuk ke dalam pikiran sadar sehingga menumbuhkan ketertarikan tersendiri kepada santri. Teori bullying yang digunakan, yaitu bullying yang terbagi menjadi tiga aspek, yaitu bullying secara fisik, verbal, relasional dan cyberbullying. Jenis metode penelitian menggunakan metode kuantitatif pre - eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah Satu Kelompok Pretes – Postes (One Group Pretest – Postest). Dalam penyelenggaraan desain, subjek disajikan dengan beberapa jenis perlakuan dan kemudian pengukuran hasil belajar dilakukan seperti sebagai tingkat akademik. Hypnoteaching memiliki dampak yang signifikan pada pemahaman siswa tentang bullying di kelas VIII SMP Plus Al – Aqsha Kab. Sumedang. Berdasarkan uji hipotesis (Uji T) menunjukan signifikansi 0.009 dengan ketentuan nilai sig 0.009 0.05 yang artinya terima H1. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara hypnoteaching terhadap pengetahuan santri mengenai bullying. Hypnoteaching memberikan kesempatan bagi santri untuk mengekspresikan emosi dan mengatasi emosi negatif yang terkait dengan bullying. Juga membantu santri untuk terlibat dalam kegiatan sosial dengan motivasi yang baik dan beradaptasi dengan lingkungan sosial santri.Hypnoteaching adalah metode pengajaran yang menggunakan bahasa positif untuk membantu siswa memahami dan menghargai saran yang diberikan oleh guru mereka. Hypnoteaching digunakan untuk membantu santri berkonsentrasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hypnoteaching; bullying; santri |
Subjects: | Education > Ethical Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Dhiyaulhaq Alfiyah Eka Amdarsyah |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 07:23 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 07:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98393 |
Actions (login required)
View Item |