Strategi dakwah akun Instagram @raicoret dalam memanfaatkan ilustrasi visual sebagai konten dakwah

Fadhilah, Faishal (2024) Strategi dakwah akun Instagram @raicoret dalam memanfaatkan ilustrasi visual sebagai konten dakwah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)

Abstract

Dakwah merupakan suatu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah kepada seluruh umat muslim. Dalam perintahnya Allah menegaskan dalam surat Ali Imran ayat 104 bahwa seluruh umat muslim untuk meyeru kepada kebaikan serta senantiasa berbuat amar ma’ruf nahi munkar yaitu senantiasa menyeru kepada kebaikan dan menjauhkan kepada keburukan. Namun seiring pada perkembangan zaman dengan segala problematika yang makin kompleks dan beragam, dakwah hari ini butuh inovasi serta pendekatan yang lebih inklusif kepada seluruh umat manusia. Dengan hadirnya internet dan media sosial, dakwah hari ini lebih beragam salah satunya yaitu dakwah di media sosial Instagram dipadukan dengan menggunakan sebuah media ilustrasi visual yang kreatif dan menarik. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengelolaan serta evaluasi terhadap sebuah konten pada akun Instagram @raicoret dalam memanfaatkan sebuah ilustrasi visual sebagai konten dakwah yang dibuatnya. Penelitian ini menggunakan teori Social Media for Strategic Communication yang dikemukakan oleh Karen Freberg. Dalam teori ini, Karen Freberg setidaknya menulis tiga unsur yang bisa digunakan untuk pengelolaan sosial media dalam ilmu komunikasi yaitu: creating, managing, curating content or evaluation. Dan diejawantahkan oleh peneliti kedalam 3 tahapan yaitu pembuatan ide strategi, pengelolaan ide strategi, dan evaluasi ide strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, pemilihan metode tersebut guna mendeksripsikan secara jelas dan rinci sesuai dengan temuan data objek penelitian wawancara di lapangan. Data ini di dapat melalui hasil observasi, studi dokumentasi, wawancara mendalam dan kepustakaan. Berdasarkan hasil temuan peneliti di lapangan bahwa strategi yang direncanakan oleh akun Instagram @raicoret dalam memanfaatkan ilustrasi visual sebagai konten dakwah berhasil menarik mad’u dalam proses penyampaiannya. Dengan demikian, proses pembuatan ide strategi, pengelolaan ide strategi dan evaluasi ide strategi dalam sebuah perencanaan sebuah akun Instagram dilaksanakan dengan tepat dan baik maka pasti akan medapatkan hasil yang maksimal serta sesuai dengan apa yang diharapkan. Diantara hasil tersebut ialah dapat berpengaruh pada followers yaitu pasti akan bertambah dan tidak hanya itu yang terpenting bisa berbagi kebermanfaatan dengan pesan yang disampaikan itu sampai kepada followers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi; ilustrasi; Instagram; konten dakwah
Subjects: Use of Other Information Media
Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Faishal Fadhilah
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:33
Last Modified: 17 Sep 2024 06:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98442

Actions (login required)

View Item View Item