Aprizal, Fazry Mochamad (2024) Pembelajaran model Bruner berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan spasial-visual siswa dalam materi geometri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan spasial-visual siswa menjadi salah satu kemampuan yang harus siswa miliki dalam mempelajari matematika. Namun, pada kenyataannya di lapangan kemampuan spasial-visual siswa masih harus ditingkatkan lagi. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui peningkatan kemampuan spasial-visual siswa dalam materi geometri antara siswa yang melalui pembelajaran model Bruner berbasis geogebra dengan siswa yang melalui pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran model Bruner berbasis geogebra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 49 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan spasial-visual siswa dalam materi geometri siswa yang menggunakan pembelajaran model Bruner berbasis geogebra tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dikarenakan pembelajaran model Bruner berfokus pada proses pembelajaran itu sendiri daripada hasil belajar siswa dan juga respon siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pembelajaran model Bruner berbasis geogebra termasuk ke dalam kategori positif, yang artinya pembelajaran model Bruner berbasis geogebra mendapat respon baik dari sebagian besar siswa dikarenakan penggunaan geogebra dalam pembelajaran dapat menyajikan objek-objek geometri lebih presisi dan menarik perhatian siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Spasial-Visual; Pembelajaran Model Bruner |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fazry Aprizal |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 06:15 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 06:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98498 |
Actions (login required)
View Item |