Nabilah, Muthi Adlisa (2024) Pengaruh metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 .pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV. Alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa adalah dengan menerapkan metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder).Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sebelum menggunakan metode REAP dan pendekatan saintifik (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV setelah menggunakan metode REAP dan pendekatan saintifik (3) peningkatan kemampuan membaca pemahaman kelas IV setelah menggunakan metode REAP (4) perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV yang menggunakan metode REAP dengan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B Madrasah Ibtidaiyah Al-Misbah Kota Bandung. Hasil penelitian pretest sebelum diterapkan treatment di kelas eksperimen memperoleh nilai 48,75, sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai 47,60, kedua kelas berada di kategori rendah. Peningkatan kedua kelas terlihat dari hasil uji N-gain, kelas eksperimen memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,63 berada pada kategori sedang. Sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata peningkatan sebesar 0,49 berada pada kategori sedang. Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan antara kedua kelas yang dibuktikan dengan uji t-independent. Hasilnya menunjukkan sebesar 0,016 yang berarti <0,05 menunjukkan bahwa hipotesis diterima dan terdapat perbedaan nilai rata-rata peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Kata kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode REAP (Read, Encode, Annotate, Ponder), Pendekatan Saintifik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Pemahaman; Metode REAP (Read; Encode; Annotate; Ponder); Pendekatan Saintifik |
Subjects: | Elementary Education Applied Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muthi Adlisa Nabilah |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:54 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98505 |
Actions (login required)
View Item |