Keterampilan berpikir kreatif siswa melalui Liveworksheet pada materi keanekaragaman hayati

Zahra, Nurma Lathifatuz (2024) Keterampilan berpikir kreatif siswa melalui Liveworksheet pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif menjadi suatu hal yang penting pada pembelajaran IPA untuk menghadapi tuntutan abad ke-21. Belum memadaiya keterampilan berpikir kreatif diantaranya disebabkan oleh perangkat pembelajaran yang digunakan belum dapat membuat siswa untuk berpikir secara kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui penggunaan liveworksheet pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran terlaksana baik (80%). Baiknya kualitas pembelajaran yang dilakukan ini direspon baik oleh siswa yang memperoleh persentase sebesar 75%. Sejalan dengan keterlaksanaan aktivitas siswa yang memperoleh persentase dengan kategori baik (80%). Hasil keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru, penggunaan media liveworksheet, serta respon siswa terhadap pembelajaran berefek pada peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada taraf sedang (0,63). Hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan dan tanpa menggunakan liveworksheet pada materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa melalui liveworksheet ini menjadi salah satu alternatif yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah, karena penggunaan media liveworksheet ini sangat efektif untuk digunakan agar siswa lebih aktif dan kreatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kreatif; Liveworksheet; Keanekaragaman Hayati
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurma Lathifatuz Zahra
Date Deposited: 17 Sep 2024 04:09
Last Modified: 17 Sep 2024 04:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98511

Actions (login required)

View Item View Item