Zahra, Nurma Lathifatuz (2024) Keterampilan berpikir kreatif siswa melalui Liveworksheet pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif menjadi suatu hal yang penting pada pembelajaran IPA untuk menghadapi tuntutan abad ke-21. Belum memadaiya keterampilan berpikir kreatif diantaranya disebabkan oleh perangkat pembelajaran yang digunakan belum dapat membuat siswa untuk berpikir secara kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui penggunaan liveworksheet pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran terlaksana baik (80%). Baiknya kualitas pembelajaran yang dilakukan ini direspon baik oleh siswa yang memperoleh persentase sebesar 75%. Sejalan dengan keterlaksanaan aktivitas siswa yang memperoleh persentase dengan kategori baik (80%). Hasil keterlaksanaan aktivitas siswa dan guru, penggunaan media liveworksheet, serta respon siswa terhadap pembelajaran berefek pada peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada taraf sedang (0,63). Hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan dan tanpa menggunakan liveworksheet pada materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa melalui liveworksheet ini menjadi salah satu alternatif yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah, karena penggunaan media liveworksheet ini sangat efektif untuk digunakan agar siswa lebih aktif dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kreatif; Liveworksheet; Keanekaragaman Hayati |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurma Lathifatuz Zahra |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 04:09 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 04:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98511 |
Actions (login required)
View Item |