Penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing untuk mengembangkan karakter komunikatif siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Sofia, Annida (2024) Penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing untuk mengembangkan karakter komunikatif siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya karakter komunikatif siswa. Hal ini terjadi karena dalam proses pembelajaran berlangsung siswa tidak banyak menanggapi pembahasan maupun mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dibahas. Jumlah siswa yang mengacungkan tangan untuk bertanya, menjawab dan memberikan pendapat masih sedikit dan lebih memilih diam cukup menganggukan saja tidak mencoba untuk menjawab ketika ditanya oleh guru. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut, yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran snowball throwing agar semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakter komunikatif siswa sebelum diterapkan metode snowball throwing, proses belajar dengan menggunakan metode pembelajaran snowball throwing pada setiap siklus dan mengetahui perkembangan karakter komunikatif siswa setelah diterapkan metode pembelajaran snowball throwing dalam setiap siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dengan melewati empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap siklusnya terdiri dari dua tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 14 siswalaki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, karakter komunikatif siswa sebelumNditerapkan metode pembelajaran snowball throwing masih rendah memperoleh presentase rata-rata 48% dan nilai rata-rata 43,6. Penerapan metode snowball throwing dalam setiap tindakan mengalami peningkatan baik itu dalam aktivitas guru maupun siswa. Hasil aktivitas guru pada siklus I tindakan I memperoleh presentase 60% dan aktivitas siswa memperoleh presentase 61%. Hasil siklus I tindakan II aktivitas guru memperoleh presentase 73% dan aktivitas siswa memperoleh presentase 64%. Hasil aktivitas guru siklus II tindakan I memperoleh presentase 80% dan aktiitas siswa memperoleh presentase 73%. Hasil aktivitas guru pada siklus II tindakan II memperoleh presentase 86% dan aktivitas siswa memperoleh presentase 84%. Karakter komunikatif siswa dalam setiap siklusnya menghasilkan perkembangan yang baik. Siklus I memperoleh hasil presentase ratarata 67% nilai rata-rata 60,68 dan siklus II memperoleh hasil presentase rata-rata 80% nilai rata-rata 72,08. Sudah mencapai kriteria baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Snowball Throwing, Karakter Komunikatif, Mata Pelajaran IPA.
Subjects: Education
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annida Sofia
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:44
Last Modified: 17 Sep 2024 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98567

Actions (login required)

View Item View Item