Travel cost method wisata religi masjid aljabbar

Siti Maryam P, RR Retno (2024) Travel cost method wisata religi masjid aljabbar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text (BAB V)
BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Masjid Al-Jabbar di Bandung, Jawa Barat, telah menjadi salah satu tujuan wisata religi yang semakin populer. Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai daya tarik wisata karena arsitekturnya yang megah dan fasilitas yang lengkap. Selain itu, berbagai kegiatan keagamaan yang diadakan di masjid ini semakin meningkatkan minat pengunjung dari berbagai daerah. Mengingat peran pentingnya dalam menarik wisatawan, penting untuk mengukur nilai ekonomi yang dihasilkan dari kunjungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tempat tinggal, usia, Pendidikan, pendapatan, motivasi kunjungan, tujuan utama, ramah muslim, dengan siapa, jenis kendaraan, jarak, dan biaya perjalanan terhadap frekuensi kunjungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif verifikatif dan Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Adapun sample yang diambil untuk terlaksananya penelitian ini sejumlah 200 responden melalui survei terhadap pengunjung Aljabbar. Pengolahan data dilakukan menggunakan software aplikasi SPSS Statistic Versi26.0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis motivasi memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap variabel Y (frekuensi kunjungan) mesjid aljabbar karena berdasarkan hasil hitung uji T didapatkan hasil Thitung 1,579 atau Ttabel < 1,652. Maka, dapat disimpulkan bahwa hipotesis 11 Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara biaya perjalanan dan frekuensi kunjungan, yang bertentangan dengan hipotesis awal yang mengharapkan hubungan negatif. Beberapa faktor yang mungkin menjelaskan hasil ini antara lain kesalahan dalam pengolahan data, kualitas dan representasi sampel yang tidak memadai, preferensi individu tertentu yang mungkin lebih tertarik mengunjungi masjid ini meskipun biayanya tinggi, serta pengaruh eksternal seperti promosi wisata dan acara khusus yang diadakan di masjid. Faktor lain seperti pendapatan yang lebih tinggi juga dapat membuat pengunjung kurang sensitif terhadap biaya perjalanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Travel Cost; Wisata Religi; Masjid Aljabbar; Frekuensi Kunjungan
Subjects: Islam
Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Maryam P RR Retno
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:50
Last Modified: 17 Sep 2024 06:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98606

Actions (login required)

View Item View Item