Strategi komunikasi PMII dalam upaya kaderisasi mahasiswa baru: Studi deskripstif terhadap program MAPABA PMII di Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Ardiansyah, Aksal (2024) Strategi komunikasi PMII dalam upaya kaderisasi mahasiswa baru: Studi deskripstif terhadap program MAPABA PMII di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstark.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) sebagai organisasi kegiatan mahasiswa, memiliki peran strategis dalam mengawal dan melibatkan mahasiswa baru dalam kegiatan dakwah hizbiyyah. Program Mapaba (Masa Pengenalan Angota Baru) yang diselenggarakan oleh PMII Rayon Dakwah dan Komunikasi Komisariat Uin Bandung menjadi salah satu wahana untuk mengenalkan organisasi, memperkenalkan nilai-nilai keislaman, serta melibatkan mahasiswa baru dalam kegiatan kaderisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Komunikasi dan pesan PMII Dalam Upaya Kaderisasi Mahasiswa baru. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori harlod D. Lasswell yang mengungkapkan bahwa strategi komunikasi berkaitan dengan rumsan pertanyaan yang telah di buat yaitu Who (siapa komunikatornya), Says What (Pesan apa yang di sampaikan), In Which Channel (Media apa yang di gunakan),To Whom (siapa Komunikannya),With What Effect (Efek apa yang di harapkan). Metode penelitian ini menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan metode observasi langsung kelapangan tempat penelitian, wawancara langsung dengan narasumber yang bersangkutan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan strategi komunikasi PMII dalam upaya kaderisasi mahasiswa baru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Komunikasi PMII Dalam Upaya Kaderisasi Mahasiswa Baru terhadap program MAPABA PMII Fakultas Dakawah dan Komunikasi, menerapkan strategi komunikasi yang terstruktur dalam upaya menarik mahasiswa baru. Dengan menggabungkan pesan langsung dan penggunaan media digital. Pesan yang di sampaikan oleh PMII terkait NDP PMII dan aswaja dengan cara informatif, perrsuasif dan edukatif dengan menggunakan bahasa yang lugas dan jelas. Keberhasilan Strategi dan pesan ini dinilai melalui indikator keberhasilan kuantitaif seperti jumlah pendaftar dan peserta MAPABA, indikator kualitatif seperti kualitas kader yang dihasilkan dalam pengembangan soft skill, dan hard skill dengan pencapain akdemik dan non akademik dalam jangka panjang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PMII; kaderisasi; strategi komunikasi
Subjects: Islam > Organizations of Islam
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Higher Education, Universities > Organization and Activities in Higher Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ardiansyah Aksal
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:13
Last Modified: 17 Sep 2024 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98611

Actions (login required)

View Item View Item