Achmad, Ratu Fauziah (2024) Bimbingan kelompok untuk membantu siswa dalam merencanakan karir: Penelitian di MAN Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
Abstract
Siswa SMA sering menghadapi kesulitan dalam merencanakan karir mereka setelah lulus. Kurangnya pemahaman diri, informasi tentang dunia kerja, dan keterampilan pengambilan keputusan menjadi hambatan utama dalam proses ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program bimbingan kelompok dalam membantu siswa merencanakan karir mereka, dengan fokus pada siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program bimbingan kelompok untuk merencanakan karir kelas XII, menganalisis proses pelaksanaannya bimbingan kelompok unutk merencanakan karir kelas XII, dan mengevaluasi hasil dari program tersebut dalam membantu siswa untuk merencanakan karir kelas XII di MAN Kota Cimahi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang strategi dalam membantu siswa menghadapi tantangan perencanaan karir. Landasan teoritis penelitian ini mengacu pada teori bimbingan kelompok dan perencanaan karir. Bimbingan kelompok dipahami sebagai langkah-langkah pemberian bantuan kepada sekelompok siswa melalui pemberian informasi dan aktivitas tertentu untuk membantu mereka dalam memahami diri dan merencanakan karir. Sementara itu, perencanaan karir dilihat sebagai proses pembuatan keputusan penting yang mempengaruhi masa depan individu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripitif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Informan penelitian meliputi guru BK dan siswa kelas XII MAN Cimahi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memberikan gambaran komprehensif tentang program, proses, dan hasil bimbingan kelompok dalam perencanaan karir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan kelompok optimal dalam membantu siswa merencanakan karir mereka. Terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman diri dan pilihan karir, kemampuan membuat rencana karir, serta kepercayaan diri siswa dalam membuat keputusan karir. Program ini terbukti membantu siswa mengatasi kebingungan terkait pilihan karir dan mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan dunia pendidikan lanjutan atau dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan; kelompok; Perencanaan; karir; Siswa; SMA |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ratu Fauziah Achmad |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 03:25 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 03:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98613 |
Actions (login required)
View Item |