Hubungan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar matematika kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Baeturridlwan

Safiatuddin, Nasa Benaisa (2024) Hubungan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar matematika kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Baeturridlwan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan fasilitas belajar di rumah merupakan suatu hal yang berhubungan hasil belajar siswa. Salah satu dari hasil belajarnya adalah pelajaran matematika. Kelas IV MI Baeturridlwan dalam pembelajaran matematikanya saat belajar ada siswa yang antusias ada yang tidak. Kemudian ada siswa yang tidak memiliki kelengkapan alat tulis. Kemudian masih ada siswa yang tidak memiliki buku latihan di rumah mereka. Maka dari itu Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Baeturridlwan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pemanfaatan fasilitas belajar anak di rumah pada siswa kelas IV MI Baeturridlwan. Untuk mengidentifikasi hasil belajar anak dalam pembelajaran matematika. Kemudian untuk menganalisis hubungan anatara pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar anak pada pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari statistik asosiatid denagan uji koefisien korelasi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho: Tidak adanya hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar anak pada pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Baeturridlwan. Ha: Adanya hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar anak pada pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Baeturridlwan. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa bentuk pemanfaatan fasilitas belajar di rumah siswa kelas IV MI Baeturridlwan menunjukkan hasil yang bervariasi. Indikator ruang atau tempat belajar, dan peralatan belajar pada umumnya berada pada kategori “baik” dengan rata-rata skor 2,921, dan 2,622, menunjukkan dukungan yang cukup memadai terhadap proses belajar. Namun, indikator dan sumber belajar dan alat bantu belajar menunjukkan skor rata-rata dan 2,201 dan 2,482, yang menandakan bahwa meskipun beberapa alat bantu telah digunakan secara optimal, Sebagian besar siswa MI Baeturridlwan menunjukkan variasi dalam pencapaian belajar matematika. Rata-rata nilai matematika siswa adalah 61,98, dengan 26,3% siswa memeroleh nilai di bawah 50, menunjukkan perlunya dukungan tambahan. Sementara itu, 26,3% siswa mencapai nilai di atas 69. Namun, mayoritas siswa berada pada rentang nilai yang lebih rendah, menandakan adanya kebutuhan untuk intervensi yang dapat meningkatkan pemahaman dan kinerja mereka dalam matematika. Tidak terdapat hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar di rumah siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Dibuktikan dengan hasil analisis uji korelasi diketahui rhitung adalah -0,363 dan rtabel adalah 0,388 atau -0,388. Maka Ho diterima dengan kriteria uji -0,388 ≤ -0,363 ≤ 0,388. Tidak terdapatnya hubungan ini bisa disebabkan karena nilai hasil belajar matematika siswa MI Baeturridlwan masih bervariasi dan mayoritas rentang nilainya rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar; Matematika; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nasa Benaisa Safiatuddin
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:57
Last Modified: 25 Sep 2024 03:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98656

Actions (login required)

View Item View Item