Layanan bimbingan kelompok melalui program Jumroh (Jum'at Rohani) dalam membentuk karakter Religius siswa : Penelitian pada siswa kelas V SDN 234 Saluyu Kota Bandung

Afrianti, Neng Fuji Afrianti (2024) Layanan bimbingan kelompok melalui program Jumroh (Jum'at Rohani) dalam membentuk karakter Religius siswa : Penelitian pada siswa kelas V SDN 234 Saluyu Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan fenomena bahwa di era digital yang semakin maju, anak-anak semakin sering terjebak dalam dunia virtual. Hal ini menimbulkan beberapa masalah, seperti kurangnya karakter religius, malas belajar, berkata kasar, malas sholat, dan perilaku negatif lainnya. Melalui layanan bimbingan kelompok dalam program jumroh (Jum’at Rohani), diharapkan siswa dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga terbentuk karakter yang religius dan berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui program, proses pelaksanaan dan hasil yang dicapai dari layanan bimbingan kelompok melalui program jumroh (Jum’at Rohani) dalam membentuk karakter religius siswa. Penelitian didasari pada teori Romlah yang mengatakan bahwa bimbingan kelompok merupakan proses pemberian bantuan kepada individu/siswa dalam situasi kelompok dengan tujuan mencegah timbulnya permasalahan serta mengembangkan potensi siswa dan menurut teori Glock dan Stark, karakter religius dapat ditinjau dari lima aspek atau dimensi yaitu: dimensi keyakinan, dimensi menjalankan kewajiban, dimensi penghayatan, dimensi pengetahuan, dan dimensi efek atau pengamalan. Pada penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena metode penelitian deskriptif dapat memberikan gambaran secara sistematis faktual dan akurat mengenai layanan bimbingan kelompok melalui program jumroh (Jum’at Rohani) serta hasil yang diperoleh dalam membentuk karakter religius siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok melalui program jumroh (Jum’at Rohani) di SDN 234 Saluyu yaitu berhasil menciptakan suasana kondusif bagi pengembangan spiritual dan menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik yang mendukung karakter religius. Terdapat perubahan yang terlihat dalam aspek: 1) siswa berhasil menambah keimanan dengan meningkatkan perilaku baik; 2) menjalankan kewajiban, siswa dapat melaksanakan sholat tanpa disuruh; 3) kesadaran akan ihsan; 4) siswa dapat memahami pengetahuan agama lebih dalam; dan 5) siswa dapat berinteraksi dengan baik, berani tampil di depan, rajin berinfaq, mudah bersosialisasi, dan membantu orang lain yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Jum’at Rohani; Karakter Religius
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Neng Fuji Neng Fuji Afrianti
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:35
Last Modified: 17 Sep 2024 07:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98659

Actions (login required)

View Item View Item