Pengaruh program Assembly terhadap sikap religius dan disiplin peserta didik: Penelitian dilaksanakan di SD Al Fatih Primary Islamic School Bandung

Agustin, Usman (2024) Pengaruh program Assembly terhadap sikap religius dan disiplin peserta didik: Penelitian dilaksanakan di SD Al Fatih Primary Islamic School Bandung. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK (1).pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Sikap religius merupakan persoalan penting dalam pendidikan, ketika tingginya pengetahuan peserta didik yang dihasilkan dari proses pembelajaran maka tidak akan bermakna ketika orang tersebut tidak berperilaku baik, begitupun dengan sikap disiplin yang dimilikinya. Kedua sikap tersebut tidak bisa langsung muncul dalam diri peserta didik, tetapi membutuhkan pemanasan/stimulus sebagai pembiasaan bagi peserta didik. Program assembly di Sekolah Dasar mendukung pembentukan karakter peserta didik seperti berani, percaya diri, saling menghargai, disiplin, sportif, sabar, jujur dan bertanggung jawab. program assembly membantu dalam pembinaan karakter disiplin peserta didik, yang penting dalam mengembangkan kepribadian dan etika peserta didik. Dengan demikian, program assembly berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: Implementasi program assembly di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School, sikap religius peserta didik di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School, sikap disiplin peserta didik di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School, pengaruh program assembly terhadap sikap religius peserta didik di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School, pengaruh program assembly terhadap sikap disiplin peserta didik di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School. Kerangka berpikir pada penelitian ini bahwa pembelajaran merupakan proses aktif di mana individu secara aktif membangun pemahaman dan pengetahuan dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungan serta persiapan mental dan fisik sebelum memasuki pembelajaran. Adapun program assembly di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School adalah kegiatan yang telah ditentukan oleh sekolah sebagai pemanasan atau stimulus sebelum masuk materi pembelajaran yang akan dilaksanakan. Program assembly sebagai variabel bebas diharapkan mampu mempengaruhi sikap religius dan disiplin peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi, jenis data penelitian kuantitatif yang diperoleh dari varibael X, variabel Y1 dan Y2. Dengan sumber data dari hasil angket, data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan; 1) Implementasi program assembly di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,84%, skor ini termasuk pada kualifikasi baik. 2) Sikap religius peserta didik di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,9%, skor ini termasuk pada kualifikasi baik. 3) Sikap Disiplin peserta didik di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,9%, skor ini termasuk pada kualifikasi baik. 4) Pengaruh program assembly terhadap sikap religius peserta didik di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School adalah sebesar 4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Pengaruh program assembly terhadap sikap disiplin peserta didik di Sekolah Dasar Al Fatih Primary Islamic School adalah sebesar 44%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program Assembly; Sikap Religius; Disiplin
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Usman Agustin
Date Deposited: 18 Sep 2024 01:38
Last Modified: 18 Sep 2024 01:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98677

Actions (login required)

View Item View Item