Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi elastisitas dan hukum Hooke

Nurdila, Siti (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis pada peserta didik menjadi faktor utama permasalahan pada penelitian ini. Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing menjadi salah satu solusi untuk permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing, keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan mix method dengan metode R&D dan model ADDIE. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 peserta didik kelas XI MIPA 3. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu perhitungan persentase kelayakan media, keterlaksanaan pembelajaran, serta perhitungan N-gain pada peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan uji hipotesis pada lembar pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing memperoleh perentase rata-rata sebesar 81% dengan kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi elastisitas dan Hukum Hooke, selanjutya pada keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing memperoleh persentase rata-rata sebesar 84% yang diinterpretasikan sangat baik, dan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing pada materi elastisitas dan Hukum Hooke dengan memperoleh nilai N-gain sebesar 0,72 dengan interpretasi tinggi. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara sebelum dan sesudah menggunakan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis model inkuiri terbimbing pada pembelajaran terutama pada materi elastisitas dan Hukum Hooke

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Model Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik.
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Nurdila
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:22
Last Modified: 19 Sep 2024 02:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98803

Actions (login required)

View Item View Item