Aktivitas media Online Bandung Bergerak pada era media baru

Arminda, Ranti (2024) Aktivitas media Online Bandung Bergerak pada era media baru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Pada jurnalisme online, peran media sosial mencakup proses pengolahan dan publikasi berita berdasarkan fakta – fakta tersebut, bukan sebatas hanya meyebarkan fakta tanpa diolah lagi. Proses pengolahan informasi ini menjadi lebih mudah sejak adanya media sosial seperti X, Instagram, Tiktok dan lain sebagainya, yang memungkinkan jurnalis untuk mendapatkan banyaknya informasi disegala sumber yang ada di Internet. Disisi lain juga, adanya media sosial membuat para jurnalis dan perusahaan media mengubah cara penyebaran informasi atau berita. Perusahaan media saat ini bersaing untuk menyampaikan informasi kepada publik melalui platform media sosial. Teori New Media digunakan pada penelitian ini, Teori Media Baru diperkenalkan oleh Pierre Levy, Konsep media sebagai produk teknologi komunikasi yang muncul seiring dengan perkembangan komputer digital. Sebelum dekade 1980 – an, media massa dominan menggunakan metode cetak dan model analog, seperti koran, televisi, sinema, dan radio. Namun, sekarang, media baru hadir dalam bentuk digital, menggantikan pendekatan tradisional dengan proses digitalisasi (Creeber & Martin, 2009). Proses praproduksi penyebaran berita dan informasi media lokal Bandung Bergerak menggunakan media baru dengan cara melihat perkembangan isu yang sedang jadi perbincangan banyak orang di internet seperti dari media sosial ataupun dari komunitas, pada proses praproduksi dilakukan rapat yang bertujuan untuk menentukan konten berita yang akan diproduksi selama seminggu mendatang. Proses produksi penyebaran berita dan informasi oleh Bandung Bergerak meliputi penentuan angle berita, peliputan berita ke lapangan, penulisan dan penyuntingan naskah berita, serta penyebaran berita di website Bandung Bergerak. Pada proses ini reporter dan editor saling berkomunikasi untuk menghasilkan berita yang aktual dan faktual. Pada tahapan proses pascaproduksi penyebaran berita dan informasi oleh Bandung Bergerak adalah menyebarkan berita di media sosial, melakukan backup data di Google Drive serta yang terakhir adalah melakukan rapat evaluasi mingguan. Networked digunakan oleh Bandung Bergerak untuk menyebarluaskan berita dan informasi lebih luas lagi dengan cara mengguanakn sosial media. Sosial media yang digunakan oleh Bandung Bergerak mencakup Instagram, X, dan WhatsApp.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Baru; Media Online; Jurnalisme Online;
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ranti Ranti Arminda
Date Deposited: 19 Sep 2024 02:16
Last Modified: 19 Sep 2024 02:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98836

Actions (login required)

View Item View Item