Manajemen strategi zakat produktif dalam meningkatkan pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM): Studi deskriptif kualitatif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Majalengka

Nurdiana, Adit (2024) Manajemen strategi zakat produktif dalam meningkatkan pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM): Studi deskriptif kualitatif Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUATAKA)
8_daftar pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Majalengka kian meningkat membuat kebutuhan akan modal usaha bagi para UMKM menjadi sangat penting. Banyak UMKM di Kabupaten Majalengka cenderung mengandalkan modal usaha berupa pinjaman bank atau pinjaman online yang memicu keprihatinan mengingat mereka menjadi terlibat dalam hutang riba. Dalam konteks ini peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sangat dibutuhkan, khususnya dalam memberikan bantuan modal usaha melalui zakat produktif. Sehingga, para pelaku UMKM di Kabupaten Majalengka dapat terhindar dari jeratan hutang riba tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan manajemen strategi mencakup perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Majalengka untuk mendistribusikan zakat produktif dalam meningkatkan pemberdayaan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini didasarkan pada teori Fred R. David (2015) tentang manajemen strategi yang mencakup proses perumusan, pengimplementasian dan evaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan suatu organisasi atau perusahaan mencapai tujuan jangka panjangnya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan paradigma dan pendekatan post-positivisme dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data yang dilakukan melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Majalengka memiliki kontribusi positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat melalui program produktif, seperti Gotren (Gerobak Pesantren). Keberhasilan ini menunjukan bahwa BAZNAS Kabupaten Majalengka telah melakukan perumusan strategi yang matang, implementasi yang transparan dan evaluasi yang melibatkan berbagai stakeholder guna meningkatkan kepercayaan masyarakat dan kualitas programnya. Meskipun demikian, BAZNAS Kabupaten Majalengka masih perlu mempertimbangkan kembali perumusan strategi alternatif untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang guna menjaga kualitas program mereka agar terus memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi; Zakat Produktif; Pemberdayaan UMKM; BAZNAS Kabupaten Majalengka
Subjects: Religious Education
Islam > Da'wah
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Adit Nurdiana
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:50
Last Modified: 20 Sep 2024 02:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98845

Actions (login required)

View Item View Item