Penggunaan media video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Miftahul Falah Kota Bandung

Latifah, Siti Nuraeni (2024) Penggunaan media video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya minat dan hasil belajar siswa di kelas IV C MI Miftahul falah Kota Bandung dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran tradisional yang monoton dan kurang interaktif. Media yang digunakan sebelumnya tidak berhasil melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar, sehingga pembelajaran terasa membosankan dan kurang memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penggunaan media video interaktif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk mengevaluasi perubahan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak. Sebelum menggunakan media video interaktif, prestasi belajar siswa berada pada tingkat rendah. Namun, setelah menerapkan media video interaktif, terjadi peningkatan yang signifikan. Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas mencapai 5 dari 24 siswa, kemudian meningkat pada siklus 1 mencapai 11 dari 24 siswa yang tuntas, dan meningkat kembali pada siklus 2 yaitu mencapai 21 dari 24 siswa yang tuntas. Dengan demikian, penggunaan media video interaktif dapat dianggap sebagai solusi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak dan prestasi belajar siswa di MI Miftahul falah Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Video Interaktif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siti nuraeni latifah
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:09
Last Modified: 19 Sep 2024 06:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98863

Actions (login required)

View Item View Item