Penerapan model pembelejaran Reformed Experimental Activities (REActivities) pada penjernihan air untuk mengembangkan keterampilan proses sains

Fauji, Rama Ramdan (2024) Penerapan model pembelejaran Reformed Experimental Activities (REActivities) pada penjernihan air untuk mengembangkan keterampilan proses sains. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisis.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran Reformed Experimental Activities (REActivities) befokus pada kegiatan eksperimen yang direformasi pada pembelajaran kimia. Melalui pembelajaran Reformed Experimental Activities (REActivities) ini permasalahan-permasalah yang sering muncul dalam kegiatan eksperimen mampu diatasi dengan baik, seperti kontinuitas, eksperimen silo, keterlibatan peserta didik serta kepercayaan peserta didik selama eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan keterampilan proses sains peserta didik pada materi penjernihan air. Metode yang digunakan adalah pre-experimental dengan rancangan one-shot case study. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar kerja peserta didik, dan soal tes evaluasi keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik pada penerapan model pembelajaran Reformed Experimental Activities (REActivities) pada penjernihan air berjalan dengan baik dan sesuai tahapan pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 79, interpretasi baik. Kemampuan keterampilan proses sains peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dengan interpretasi sangat baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Reformed Experimental Activities (REActivities) pada penjernihan air dapat mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Reformed Experimental Activities (REActivities); penjernihan air; keterampilan proses sains
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Procedures, Equipment of Chemistry
Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rama Ramdan Fauji
Date Deposited: 19 Sep 2024 07:28
Last Modified: 19 Sep 2024 07:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98871

Actions (login required)

View Item View Item