Fauji, Rama Ramdan (2024) Penerapan model pembelejaran Reformed Experimental Activities (REActivities) pada penjernihan air untuk mengembangkan keterampilan proses sains. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisis.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran Reformed Experimental Activities (REActivities) befokus pada kegiatan eksperimen yang direformasi pada pembelajaran kimia. Melalui pembelajaran Reformed Experimental Activities (REActivities) ini permasalahan-permasalah yang sering muncul dalam kegiatan eksperimen mampu diatasi dengan baik, seperti kontinuitas, eksperimen silo, keterlibatan peserta didik serta kepercayaan peserta didik selama eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan keterampilan proses sains peserta didik pada materi penjernihan air. Metode yang digunakan adalah pre-experimental dengan rancangan one-shot case study. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar kerja peserta didik, dan soal tes evaluasi keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik pada penerapan model pembelajaran Reformed Experimental Activities (REActivities) pada penjernihan air berjalan dengan baik dan sesuai tahapan pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 79, interpretasi baik. Kemampuan keterampilan proses sains peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 83 dengan interpretasi sangat baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Reformed Experimental Activities (REActivities) pada penjernihan air dapat mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran; Reformed Experimental Activities (REActivities); penjernihan air; keterampilan proses sains |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Procedures, Equipment of Chemistry Procedures, Equipment of Chemistry > Laboratories of Chemistry Ecology > Environmental Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rama Ramdan Fauji |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 07:28 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 07:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98871 |
Actions (login required)
View Item |