Kampanye Public Relations tentang sosialisasi program Moderasi Beragama di Kota Bandung : Studi kasus di Kementerian Agama Kota Bandung

Nugraha, Riyan (2024) Kampanye Public Relations tentang sosialisasi program Moderasi Beragama di Kota Bandung : Studi kasus di Kementerian Agama Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Kementerian agama kota Bandung yang memiliki tanggung jawab terkait dengan urusan keagamaan di kota Bandung dengan berbagai kalangan umat beragama untuk menjaga kenyamaan dan kedamaian kota Bandung dilakukan kampanye sosialisasi tentang program moderasi beragama Inisiatif ini berakar dari instruksi untuk memelihara kedamaian dan harmoni dalam kehidupan beragama khususnya dalam kehidupan antar umat beragama yang ada di kota Bandung. Penelitian ini bertujuan tidak hanya melindungi kebebasan beragama, tetapi juga menciptakan kesejahteraan umat beragama dan menegakkan toleransi serta perdamaian di tengah masyarakat yang ada di kota Bandung khususnya supaya terstimulus sikap masyarakat yang moderat memiliki wawasan kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodasi terhadap kebudayaan lokal. Penelitian ini menggunakan model teori dari James E. Grunig dan Hunt (1992), yaitu Model Komunikas Asimetris Dua Arah (Two-Way Asymmetrical Communication). Model ini bertujuan agar publik terstimulus untuk mengikuti keinginan-keinginan organisasi.Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan melalui hasil observasi dengan jenis observasi partisipasi pasif, wawancara dengan jenis wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode penelitian ini digunakan untuk memperoleh gambaran dan data faktual yang terjadi di lapangan berkaitan dengan kampanye sosialisasi program moderasi beragama di kota Bandung.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kementerian agama kota Bandung dalam kampanye sosialisasi moderasi beragama di kota Bandung dilakukan dengan cara melalui online dan offline berlandaskan teori James E. Grunig dan Hunt (1992), yaitu Model Komunikasi Asimetris Dua Arah (Two-Way Asymmetrical Communication). Dengan tujuan publik terstimulus untuk mengikuti keinginan organisasi. Berdasarkan hasil penelitian perlu ditingkatkan koordinasi antara praktisi humas dan pegawai kementerian agama kota Bandung dalam menyelenggarakan kampanye, praktisi humas di anggap sebagai kunci dalam publikasi semua kegiatan kampanye tanpa koordinasi yang baik publikasi tidak dapat dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kampanye public relations; program moderasi beragama; sosialisasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Political Process > Campaigns for Nominations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Riyan Nugraha
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:42
Last Modified: 27 Sep 2024 01:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98882

Actions (login required)

View Item View Item