Strategi dakwah digital Haidar Alfadhil dalam menanamkan nilai akhlak: Studi deskriptif pada akun Instagram @haidaralfadhil_

Al-faritsi, Adiva Fikri (2024) Strategi dakwah digital Haidar Alfadhil dalam menanamkan nilai akhlak: Studi deskriptif pada akun Instagram @haidaralfadhil_. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy

Abstract

@Haidaralfadhil_ menggunakan berbagai strategi dakwah agar upaya dakwahnya efektif di era digital. Salah satu strategi yang dia gunakan adalah membuat konten yang menarik secara visual yang mudah dipahami dan dibagikan. Dia menggunakan gambar, video, dan grafik berkualitas tinggi untuk menyampaikan pesannya dengan cara yang menarik. Ini membantu menarik perhatian pengikutnya dan mendorong mereka untuk berbagi kontennya dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi dakwah Sentimentil pada akun Instagram @Haidaralfadhil_ (2) Untuk mengetahui strategi dakwah Rasional pada akun Instagram @Haidaralfadhil_ (3) strategi dakwah Indrawi pada akun Instagram @Haidaralfadhil_. Berdasarkan tujuan tersebut, maka teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi dakwah Al-Bayanuni dan Teori Media Baru. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme yang melihat realitas sosial sebagai hasil dari cara individu memikirkan hal tersebut. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan deskripsi naratif berdasarkan data faktual terkait topik penelitian. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, dokumentasi, dan wawancara. Lalu untuk menganalisis data dilakukan tahapan mengumpulkan dan menyusun data konten haidar al-fadhil, mengklasifikasikan data yang sudah diperoleh sesuai, menganalisis dari data yang telah diklasifikasikan lalu ditafsirkan berdasarkan teori, terakhir penarikan kesimpulan terhadap hasil pembahasan dan penelitian. Hasil pembahasan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa Ustaz Haidar Al-Fadhil telah berhasil memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana dakwah yang efektif melalui strategi dakwah sentimentil. Haidar mampu menyampaikan pesan-pesan dakwah dengan cara yang menyentuh hati, relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan mudah dipahami oleh audiensnya. Ustaz Haidar Al-Fadhil, melalui akun Instagramnya @haidaralfadhil_, berhasil menarik perhatian audiensnya dengan pendekatan dakwah yang rasional. Pendekatan ini tidak hanya menyentuh hati tetapi juga mendorong para pengikutnya untuk berpikir dan merenung. Strategi dakwah indrawi Haidar Al-Fadhil melibatkan penggunaan elemen visual dan audio untuk menciptakan pengalaman dakwah yang mendalam. Dalam konten-konten media sosialnya, Haidar tidak hanya menyampaikan pesan secara verbal tetapi juga menggunakan visual yang menarik, musik latar yang menenangkan Implikasi penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu secara sosial Penggunaan media sosial dan pendekatan dakwah indrawi oleh da'i seperti Ustaz Haidar Al-Fadhil memungkinkan pesan agama untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam. Sedangkan, secara praktis, berdasarkan temuan bahwa Penggunaan elemen sensori dalam dakwah dapat meningkatkan efektivitas penyampaian pesan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Instagram; Strategi Dakwah; Media Digital; Media Dakwah
Subjects: Islam
Islam > Specific Moral Issues
Islam > Da'wah
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Adiva Fikri Al-faritsi
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:37
Last Modified: 20 Sep 2024 06:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98910

Actions (login required)

View Item View Item