Syinta, Dewi (2024) Penerapan model pembelajaran ASSURE untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri Nanggung 01 Kabupaten Bogor: Penelitian quasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Nanggung 01 Kabupaten Bogor. Rendahnya hasil belajar disebabkan karena guru masih sering menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai sebesar 5,3 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dari jumlah 26 peserta didik, terdapat 7 peserta didik dengan kriteria tuntas dan 19 peserta didik dengan kriteria tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pelajaran ASSURE, untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas kontrol pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ASSURE pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas Va. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan jenis non equivalent control group design, menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran ASSURE dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pertemuan dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Pada uji t-independent posttest menunjukan hasil 0,552 dapat dikatakan tidak memiliki perbedaan yang signifikan pada hasil posttest pada kedua kelas. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila hasil rata-rata peserta didik mencapai ≥70 sesuai dengan KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Va Sekolah Dasar Negeri Nanggung 01 Kabupaten Bogor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran |
Subjects: | Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dewi Syint Dewi Syinta |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:16 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 10:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98934 |
Actions (login required)
View Item |