Nurlaela, Santi (2024) Pengembangan LMS berbasis Moodle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran adalah proses yang kompleks tetapi penting untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran. Perencanaan yang matang dan pemahaman yang baik tentang kebutuhan peserta didik, media pembelajaran yang efektif dan menarik dapat dikembangkan untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LMS berbasis moodle, respon peserta didik terhadap LMS berbasis moodle, dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran LMS berbasis Moodle. Metode yang digunakan penelitian ini ialah research and development dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian dilakukan kepada 30 orang peserta didik kelas XI IPA di SMA Yadika Soreang. Materi yang digunakan dalam LMS berbasis moodle adalah materi fluida statis. Data hasil validasi, respon peserta didik, dan N-Gain akan dianalisis menggunakan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil analisis kelayakan LMS berbasis moodle memperoleh presentase sebesar 87% yang termasuk kategori sangat baik, respon peserta didik terhadap LMS berbasis moodle memperoleh presentase 87% termasuk ke dalam kategori sangat baik, dan peningkatan hasil belajar peserta didik penerapan LMS berbasis moodle materi fluida statis menghasilkan uji N-Gain sebesar 68% dengan sedang. Hasil uji t diperoleh diperoleh thitung (18,165) > ttabel (2,052) menunjukan hipotesis awal dapat diterima dengan pernyataan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar LMS berbasis moodle peserta didik pada materi fluida statis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LMS; Moodle; Fluida Statis |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Santi Nurlaela |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:33 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98936 |
Actions (login required)
View Item |