Al Adawiah, Siti Robi'ah (2024) Layanan diferensiasi learning dalam mengembangkan potensi anak Gifted: Penelitian pada siswa di SD Tunas Unggul Global Interactive School Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK 1.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI 1.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
Abstract
Anak gifted atau anak berbakat merupakan anak dengan keistimewaan memiliki intelektual, kreativitas, dan keterampilan yang jauh melampaui rata-rata anak seusianya. Meskipun memiliki potensi yang tinggi, mereka juga menghadapi tantangan unik secara akademik maupun sosial-emosional. Di Indonesia, perhatian terhadap anak-anak gifted masih relatif kurang dibandingkan dengan negara-negara maju. Banyak anak berbakat yang tidak mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, yang dapat mengakibatkan potensi mereka tidak berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, proses, dan dampak layanan diferensiasi learning dalam mengembangkan potensi anak gifted pada siswa SD Tunas Unggul Global Interactive School Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori kualitas layanan yang dikemukakan oleh Philip Kotler yang menjelaskan bahwa sebuah kualitas layanan berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta sebagai ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi atau memotret situasi yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi langsung ke lapangan, wawancara langsung dengan informan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk layanan diferensiasi learning yang dilakukan dalam mengembangkan potensi anak gifted yaitu (1) Assessment, (2) Bimbingan Individu, dan (3) Konsultasi Orang Tua. Sedangkan proses layanan diferensiasi learning yang dilakukan yaitu dengan pemetaan kelas pemmbelajaran, pemberian worksheet ekstra pada anak gifted, rule agreement, calm zone, dan mengarahkan anak untuk mengikuti ekstrakulikuler. Adapun dampak dari layanan diferensiasi learning ini menjadikan anak lebih teratur, kooperatif, dan adaptif baik dalam proses pembelajaran maupun dalam sosial-emosional. Serta memberikan dampak yang baik bagi orang tua, orang tua lebih menerima dan memahami anak dengan baik. Dengan dampak yang positif, menjadikan anak lebih optimal dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Diferensiasi Learning; Mengembangkan Potensi; Anak Gifted; Teori Kualitas Layanan. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Siti Robi'ah Al Adawiah |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:21 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98939 |
Actions (login required)
View Item |