Pengembangan bahan ajar berbasis web untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls

Sarah, Sarah (2024) Pengembangan bahan ajar berbasis web untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik disebabkan oleh minimnya keterlibatan mereka dalam pembelajaran berbasis masalah dan terbatasnya ketersediaan bahan ajar yang mampu melatih keterampilan tersebut. Bahan ajar berbasis web merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik terhadap bahan ajar berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dan melibatkan 30 peserta didik kelas X IPA 3 SMAN 1 Kawali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis web sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 92%. Keterlaksanaan pembelajaran mencapai persentase rata-rata 89% dan termasuk kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah termasuk pada kategori tinggi dengan ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan interpretasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis web sangat layak diterapkan dalam pembelajaran fisika dan efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar berbasis web; momentum; keterampilan pemecahan masalah
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Sarah Sarah
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:37
Last Modified: 20 Sep 2024 02:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98942

Actions (login required)

View Item View Item