Sarah, Sarah (2024) Pengembangan bahan ajar berbasis web untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik disebabkan oleh minimnya keterlibatan mereka dalam pembelajaran berbasis masalah dan terbatasnya ketersediaan bahan ajar yang mampu melatih keterampilan tersebut. Bahan ajar berbasis web merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik terhadap bahan ajar berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dan melibatkan 30 peserta didik kelas X IPA 3 SMAN 1 Kawali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis web sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 92%. Keterlaksanaan pembelajaran mencapai persentase rata-rata 89% dan termasuk kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah termasuk pada kategori tinggi dengan ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan interpretasi tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis web sangat layak diterapkan dalam pembelajaran fisika dan efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar berbasis web; momentum; keterampilan pemecahan masalah |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sarah Sarah |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:37 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98942 |
Actions (login required)
View Item |