Alfiyah, Siti (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan platform kodular untuk meningkatkan penalaran ilmiah pada materi usaha dan energi untuk siswa SMA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan media berbasis aplikasi kodular untuk meningkatkan penalaran ilmiah peserta didik pada materi usaha dan energi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan media berbasis aplikasi kodular, 2) keterlaksanaan model pembelajaran menggunakan direct instruction untuk meningkatkan penalaran ilmiah, dan 3) peningkatan penalaran ilmiah peserta didik disebuah sekolah menengah atas negeri 15 Bungo. Pendekatan penelitian ini menggunakan mixed methodes dengan metode penelitian Research and Development (R&D) tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini menghasilkan 1) pengembangan media berbasis aplikasi kodular yang layak digunakan sebagai bahan ajar peserta didik berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan persentase rata-rata 96,5%; 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media berbasis aplikasi kodular selama tiga pertemuan menggunakan strategi AABLT with SAS berlangsung secara efektif dengan persentase rata-rata 81,3% ; 3) peningkatan penalaran ilmiah peserta didik setelah menggunakan media berbasis aplikasi kodular berada dalam kategori tinggi dengan nilai n-gain sebesar 0,84.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi kodular; direcrt instruction; usaha dan energi; penalaran ilmiah |
Subjects: | Knowledge Physics > Theories and Mathematical Physics Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Siti Alfiyah Siti Alfiyah |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 05:45 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 05:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98971 |
Actions (login required)
View Item |