Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan platform kodular untuk meningkatkan penalaran ilmiah pada materi usaha dan energi untuk siswa SMA

Alfiyah, Siti (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan platform kodular untuk meningkatkan penalaran ilmiah pada materi usaha dan energi untuk siswa SMA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media berbasis aplikasi kodular untuk meningkatkan penalaran ilmiah peserta didik pada materi usaha dan energi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan media berbasis aplikasi kodular, 2) keterlaksanaan model pembelajaran menggunakan direct instruction untuk meningkatkan penalaran ilmiah, dan 3) peningkatan penalaran ilmiah peserta didik disebuah sekolah menengah atas negeri 15 Bungo. Pendekatan penelitian ini menggunakan mixed methodes dengan metode penelitian Research and Development (R&D) tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini menghasilkan 1) pengembangan media berbasis aplikasi kodular yang layak digunakan sebagai bahan ajar peserta didik berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan persentase rata-rata 96,5%; 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media berbasis aplikasi kodular selama tiga pertemuan menggunakan strategi AABLT with SAS berlangsung secara efektif dengan persentase rata-rata 81,3% ; 3) peningkatan penalaran ilmiah peserta didik setelah menggunakan media berbasis aplikasi kodular berada dalam kategori tinggi dengan nilai n-gain sebesar 0,84.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi kodular; direcrt instruction; usaha dan energi; penalaran ilmiah
Subjects: Knowledge
Physics > Theories and Mathematical Physics
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Alfiyah Siti Alfiyah
Date Deposited: 20 Sep 2024 05:45
Last Modified: 20 Sep 2024 05:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98971

Actions (login required)

View Item View Item