Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Islam, Nada Shohwatul (2024) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya melakukan pembelajaran berbasis proyek pada materi larutan elektrolit dan nonlektrolit. Dilakukan pembuatan alat uji elektrolit dengan bahan minuman isotonik untuk menguji apakah minuman tersebut termasuk larutan elektrolit atau non elektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan kemampuan siswa dalam mengerjakan lembar kerja dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa melalui praktikum pembuatan alat uji elektrolit ini. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan menggunakan desain one shoot case study dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA Plus Al-Falah Jatinangor yang berjumlah siswa 15 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar kerja berbasis proyek, lembar penilaian presentasi dan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan keterlaksanaan aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek sebesar 86,01% dengan interpretasi sangat baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis proyek pembuatan alat uji elektrolit dengan menggunakan bahan minuman isotonik ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis proyek; Alat uji elektrolit; Minuman isotonik; Hasil belajar
Subjects: Chemistry and Allied Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Nada Shohwatul Islam
Date Deposited: 21 Sep 2024 04:19
Last Modified: 21 Sep 2024 04:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99023

Actions (login required)

View Item View Item