Kurniasari, Euis (2006) Kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tugas hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMP Negeri 4 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul, terdapat kelalaian dalam melaksanakan tugas siswa sebagai seorang pelajar dengan prestasi kognitif yang kurang, karena masih ada siswa yang tidak atau terlambat mengerjakan tugas. Dalam hal ini, keberhasilan proses belajar mengajar tidak hanya bergantung pada guru yang mengajar melainkan pada siswa yang belajar. Dengan demikian, untuk mencapai prestasi yang tinggi maka salah satu faktor yang tidak boleh dilupakan yaitu faktor disiplin. Disiplin merupakan faktor yang mempengaruhi peranan penting dalam kelancaran melaksanakan tugas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tugas, mengetahui prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan mengetahui hubungan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tugas dengan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas 8 SMP Negeri 4 Ciawigebang Kuningan. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI siswa dipengaruhi oleh kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tugas Sejalan dengan hal tersebut maka dapat ditarik hipotesis, semakin positif kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tugas, semakin tinggi prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Sebaliknya semakin negatif kedsiplinan siswa dalam melaksanakan tugas, semakin rendah prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan studi kepustakaan dengan menggunakan analisis statistika untuk data kuantitatif Penyebaran angket dan tes di tujukan kepada 40 responden sebagai sampel. Hasil pengolahan data kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tugas termasuk kategori tinggi sebab menghasilkan angka rata-rata 3,6 Sedangkan prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI termasuk kategori baik/tinggi sebab mendapat angka 72,2 Adapun korelasi antara kedua variabel tersebut menunjukkan korelasi yang rendah sebab menghasilkan koefisien korelasi sebesar 0,37, hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa ( hon (2,45) lebih besar dari 4 asat (1,68) Hal ini berarti terdapat korelasi (hubungan) yang signifikan antara kedua variabel tersebut Sedangkan derajat pengaruhnya sebesar 7% dan 93% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Disiplin; Balajar |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:49 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99030 |
Actions (login required)
View Item |