Penerapan pembelajaran concrete pictorial abstract berbantuan cabri 3d untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning siswa

Trisyaharani, Vera (2024) Penerapan pembelajaran concrete pictorial abstract berbantuan cabri 3d untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang didukung dari hasil studi pendahuluan di salah satu sekolah di Bandung. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan pembelajaran conrete pictorial abstract berbantuan Cabri 3D. Penerapan model pembelajaran ini diharapkan mampu menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta self regulated learning siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs-Ar-Rosyidiyah tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes. Hasil riset pada penelitian ini yaitu : keterlaksanaan pembelajaran conrete pictorial abstract berbantuan Cabri 3D dengan kategori sangat baik, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Conrete Pictorial Abstract berbantuan Cabri 3D lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gender yang menggunakan pembelajaran Conrete Pictorial Abstract berbantuan Cabri 3D dengan model konvensional, terdapat perbedaan peningkatan self regulated learning siswa sebelum dan sesudah memperoleh pembelajaran Conrete Pictorial Abstract berbantuan Cabri 3D.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Concrete pictorial abstract; Kemampuan Komunikasi Matematis; Self regulated learning; Cabri 3D
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Vera Karunia Trisyaharani
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:51
Last Modified: 23 Sep 2024 06:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99176

Actions (login required)

View Item View Item