Muhammad, Nurcholis (2024) Pembiayaan pendidikan pada madrasah swasta di Kabupaten Bandung : Penelitian di MTs Ishlahul Amanah Pangalengan dan MTs Al-Ishlahul Linggar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. cover.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. daftar isi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. bab i.pdf Download (649kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. bab ii.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6. bab iii.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7. bab iv.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8. bab v.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Persoalan bangsa Indonesia yang semakin komplek hanya bisa diselesaikan dengan menigkatkan kualitas sumber daya manusia. Upaya ke arah sana dicapai melalui peningkatan kualitas pendidikan. Adalah kewajiban negara dalam hal ini pemerintah. Namun keterbatasan kemampuan, maka pemerintah menggandeng lembaga-lembaga swasta untuk memenuhi amanat undang-undang. Pembiayaan pendidikan di madrasah swasta bersumber dari pemerintah, swasta, orang tua, alumni dan usaha mandiri, dan menjadi permasalahan yang menghambat pendidikan madrasah karena kurang optimal. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana madrasah swasta di Kabupaten Bandung melakukan pengelolaan keuangan untuk membiayai pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ishlahul Amanah Pangalengan dan Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah Linggar. Dengan mengikuti alur pengelolaan keuangan berbasis anggaran yang meliputi empat fase yaitu perencanaan anggaran (budgeting), penggunaan anggaran, pencatatan (accounting) dan pertanggungjawaban (auditing). Penelitian ini mendeskripsikan tahapan-tahapan dan proses mencapai fase tersebut. Mulai dari membentuk panitia, menelaah anggaran dan menetukan prioritas. Sumber anggaran adalah BOS, PIP dan iuran siswa. Pengeluaran diurut berdasarkan prioritas, yaitu; biaya operasional, biaya sarana prasarana dan peningkatan kualitas SDM guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan di awali observasi, wawancara terstruktur dan analisis dokumen dalam rangka mengumpulkan data.. Data kemudian diolah denga tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sementara validasi data dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Temuan penelitian adalah: (1) perencanaan pembiayaan di madrasah menjadi salah satu upaya efisiensi dan memaksimalkan anggaran agar tujuan program tercapai. (2) Proses perencanaan anggaran (budgeting), pelaksanaan dan pencatatan (accounting) serta pertanggungjawaban (auditing) merupakan tahapan- tahapan pelaksanaan pembiayaan pendidikan di madrasah. (3) Kedua madrasah masih mengandalkan bantuan pemerintah melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan sebagian dari Program Indonesia Pintar (PIP). Namun demikian kedua madrasah menarik iuran partisipasi dalam bentuk infaq bulanan/SPP. Terutama di MTs Ishlahul Amanah Pangalengan, pemasukan dari infaq bulanan hampir setara BOS. (4) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan di MTs Ishlahul Amanah Pangalengan dan MTs Al-Ishlah Linggar sesuai dengan konsep pembiayaan pendidikan yang banyak diadopsi oleh lembaga-lembaga sejenis untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pembiayaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembiayaan Pendidikan; madrasah; Anggaran |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration Accounting > Education, Research of Accounting |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Nurcholis |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 08:30 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99272 |
Actions (login required)
View Item |