Strategi BKPSDM Kabupaten Sumedang dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil untuk optimalisasi pelayanan publik berdasarkan Peraturan Bupati Sumedang Nomor 108 Tahun 2020 perspektif Siyasah Dusturiyah

Nurhasanah, Nurhasanah (2024) Strategi BKPSDM Kabupaten Sumedang dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil untuk optimalisasi pelayanan publik berdasarkan Peraturan Bupati Sumedang Nomor 108 Tahun 2020 perspektif Siyasah Dusturiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Sumedang memiliki kualitas pelayanan publik yang sangat baik. Adapun salah satu program penunjangnya dari BKPSDM yang efektif meningkatkan Indeks Profesionalitas dan Indeks Merit. Namun hal ini tak sejalan dengan Jumlah Pengembangan Kompetensi Aparatur Perangkat Daerah Kabupaten Sumedang yang belum memenuhi target realisasi yang telah dicanangkan. Tentu hal ini menjadi pertanyaan strategi apa yang dipakai BKPSDM sehingga pelaksanaan pengembangan kompetensi yang tak sesuai target tetap efektif dalam mengoptimalkan pelayanan publik di Pemerintahan Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui Strategi BKPSDM Kabupaten Sumedang dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil untuk optimalisasi pelayanan publik (2) Mengetahui kendala BKPSDM Kabupaten Sumedang dalam melakukan strategi pelaksanaan pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil untuk optimalisasi pelayanan publik (3) Mengetahui analisis Siyasah Dusturiyah terhadap strategi BKPSDM Kabupaten Sumedang dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil untuk optimalisasi pelayanan publik Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Negara kesejahteraan (welfare state), Teori Implementasi Hukum, Teori Kebijakan Publik. Negara kesejahteraan adalah tipe negara yang sepenuhnya melayani masyarakat dan untuk mewujudkan tujuan pokok tersebut diperlukan keterlibatan dan intervensi negara (pemerintah) dalam bentuk regulasi yang diimplementasikan serta direalisasikan melalui kebijakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris adapun jenisnya kualitatif. Sumber data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dari BKPSDM Kabupaten Sumedang. Data sekunder dari berbagai bacaan serta dokumen. Serta sumber tersier lain sebagai penunjang. Hasil penelitian ini menemukan tentang: (1) Strategi BKPSDM Kabupaten Sumedang dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi Pegawai Negeri Sipil untuk optimalisasi pelayanan publik adalah dengan melakukan pelatihan Digital Leadership Acceleration Program For Sustainability (D-LEAPS), memaksimalkan Platform Digital Sumedang Simpati Academy (SSA), dan penyebaran Surat Edaran coaching dan mentoring (2) Kendala yang ditemui dalam pelaksanaan strategi tersebut adalah kesulitan dalam memberikan informasi dan pelatihan kepada PNS di daerah terpencil, keterbatasan anggaran, dan belum terbentuknya persepsi PNS yang menyeluruh atas pentingnya pengembangan kompetensi. (3) Analisis Siyasah Dusturiyah terhadap strategi sudah memberikan maslahat dan memenuhi asas-asas lainnya, meski ada beberapa hal yang menghambat atau perlu di perbaiki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kompetensi; Pelayanan Publik; Siyasah Dusturiyah;
Subjects: Civil Rights
Civil Rights > Civil Rights
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Nurhasanah Nurhasanah
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:36
Last Modified: 26 Sep 2024 01:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99365

Actions (login required)

View Item View Item