Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Sukaluyu : Penelitian deskriptif di BUMDES Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur

Diki, Diki (2023) Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Sukaluyu : Penelitian deskriptif di BUMDES Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab i.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab vi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari tidak berjalannya dengan baik setiap program usaha yang telah direncanakan oleh BUMDes Sukaluyu. Dengan adanya permasalah ini diperlukan peran masyarakat untuk menunjang serta mendukung setiap program usaha yang ada pada BUMDes Sukaluyu, sehingga dapat berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan kepada masyarakat di lingkungan desa maupun BUMDes dalam segi pemberdayaan dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sukaluyu, meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar desa sukaluyu dan memberdayakan masyarakat untuk mengelola lahan kosong milik desa. Teori yang dipakai adalah teori peran menurut Leslie L. Hemphil menyatakan, bahwa dengan munculnya peran, dan ekspektasi yang mempertahankan perilaku peran dalam konteks tertentu. Artinya bahwa peran itu harus dilihat dari beberapa segi, yakni yang melatar belakangi munculnya peran pada diri seseorang atau lembaga. Seseorang atau lembaga harus melihat harapan masyarakat terhadap dirinya agar peran yang melekat pada diri seseorang atau pada lembaga itu dapat dilaksanakan semestinya dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi dan situasi atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada dimasyarakat yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data digunakan dengan reduksi data dan penafsiran logika yang dihubungkan dengan kontek Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa latar belakang BUMDes Sukaluyu dikarenakan mengikuti anjuran dari pemerintah pusat bahwa setiap desa dianjurkan ada BUMDes untuk meningkatkan pendapatan ekonomi desa dan masyarakat. Kemudian peran BUMDes Sukaluyu dalam mensejahterakan masyarakat, BUMDes Sukaluyu melakukan pemberdayaan masyarakat, seperti pemberdayaan pemuda, pemberdayaan petani, pemberdayaan usaha mikro masyarakat, serta BUMDes Sukaluyu memiliki unit-unit usaha untuk meningkatkan pendapatan desa. Hasil tersebut sudah sesuai dengan teori peran dan konsep peran BUMDes di Desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BUMDes di Desa
Subjects: Business > Data Processing and Analysis of Business
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Diki Diki
Date Deposited: 26 Sep 2024 03:35
Last Modified: 26 Sep 2024 03:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99367

Actions (login required)

View Item View Item