Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Pondok Sabaraya Kabupaten Bandung

Alfarizi, Aka (2024) Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Pondok Sabaraya Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (112kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (156kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB I)
4_BAB1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Berdasarkan studi kasus yang dilakukan oleh penulis diperoleh informasi bahwasanya terdapat beberapa permasalahan dan keluhan yang muncul dari para konsumen terkait fasilitas dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh staff hotel Pondok Sabaraya. Selain itu penulis menemukan gap penelitian berupa inkonsistensi hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitian terdahulu. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan sekaligus melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa fasilitas dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan asumsi tersebut, maka hipotesis yang diajukan yaitu fasilitas dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Pada penelitian ini variabel fasilitas menggunakan teori dari (Tjiptono, 2015), pada variabel kualitas pelayanan menggunakan teori dari (Parasuraman, 1988), sedangkan pada variabel kepuasan konsumen menggunakan teori dari (Irawan, 2002). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif verikatif, dengan pemilihan sampel menggunakan metode simple random sampling, sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 150 responden yang merupakan konsumen Hotel Pondok Sabaraya Kabupaten Bandung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji t (parsial), uji f (simultan) dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan program SPPS versi 26, fasilitas secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, yang ditandai dengan nilai t hitung > t tabel, yaitu 3,125 > 1,976. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen yang ditandai dengan nilai t hitung > t tabel, yaitu 5,443 > 1,976. Secara simultan Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terbukti berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Pondok Sabaraya Kabupaten Bandung, yang ditandai dengan nilai f hitung > f tabel, yaitu 37,964 > 3,06.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen.
Subjects: Management Housekeeping > Hotel Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Aka Alfarizi
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:18
Last Modified: 26 Sep 2024 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99389

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item