Pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa pada materi Perubahan Lingkungan

Rizki, Ulfah Aktiyani (2024) Pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kreativitas siswa dalam mata pelajaran Biologi materi perubahan lingkungan di SMA Yumik Banjaran. Kurangnya fasilitas pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas seperti penggunaan model pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan ialah quasi eksperimental dengan Non-equivalent pretest-posttest group desain. Sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-2. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran siswa sebesar 88,5% dengan kategori baik, dan hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran guru sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Tingkatan kreativitas siswa pada kelas eksperimen dengan nilai sebesar 78,17 dengan kategori kreatif, dan untuk kelas kontrol dengan nilai sebesar 54 dengan kategori cukup kreatif. Pada uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa pada materi perubahan lingkungan. Respon siswa pada pembelajaran menggunakan model PjBL memperoleh nilai presentase 82,14% dalam kategori tinggi yang artinya respon siswa sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap kreativitas siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas siswa; PjBL; perubahan lingkungan
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Environmental Protection Engineering
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ulfah Aktiyani Rizki
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:51
Last Modified: 27 Sep 2024 07:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99572

Actions (login required)

View Item View Item