Rizki, Ulfah Aktiyani (2024) Pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (389kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya kreativitas siswa dalam mata pelajaran Biologi materi perubahan lingkungan di SMA Yumik Banjaran. Kurangnya fasilitas pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas seperti penggunaan model pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan ialah quasi eksperimental dengan Non-equivalent pretest-posttest group desain. Sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-2. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran siswa sebesar 88,5% dengan kategori baik, dan hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran guru sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Tingkatan kreativitas siswa pada kelas eksperimen dengan nilai sebesar 78,17 dengan kategori kreatif, dan untuk kelas kontrol dengan nilai sebesar 54 dengan kategori cukup kreatif. Pada uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas siswa pada materi perubahan lingkungan. Respon siswa pada pembelajaran menggunakan model PjBL memperoleh nilai presentase 82,14% dalam kategori tinggi yang artinya respon siswa sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap kreativitas siswa pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas siswa; PjBL; perubahan lingkungan |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity Educational Institutions, Schools and Their Activities Environmental Protection Engineering |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ulfah Aktiyani Rizki |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 07:51 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 07:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99572 |
Actions (login required)
View Item |